Bali United

Pelatih Caretaker Bali United Kejar Lisensi A AFC

Enam Poin EP Jadi Pembuktian, Tinggal Tunggu Konfirmasi dari PSSI untuk kursus kepelatihan

Pelatih Caretaker Bali United Kejar Lisensi A AFC
tribunbali/garfis

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Situasi dapur Bali United terasa makin tenang pasca-dua kemenangan beruntun di pekan ketiga dan keempat Liga 1 Indonesia 2017. Diasuh sang koki Eko Purdjianto (EP), Bali United seperti menerima asupan gizi untuk bertarung.

Hasilnya cukup memuasakan, enam poin dengan raihan tiga gol cukup baik dibanding pada dua laga sebelumnya yang selalu berakhir dengan kekalahan. Di tengah situasi saat ini, Bali United kembali akan dihadapkan pada kedatangan pelatih baru.

Catatan EP pada dua laga terakhir, Bali United mendapat tren positif mereka dengan mengalahkan Semen Padang 2-0 pada pekan keempat, lalu mempermalukan Persela Lamongan di depan publiknya, 0-1 di pekan ketiga.

Itu merupakan kemenangan kedua beruntun yang dipersembehkan pelatih caretaker EP. Eks bek timnas era Primavera ini sukses memberikan dampak luar biasa usai ditunjuk menjadi pengganti sementara Hans Peter Schaller yang dipecat karena kemerosotoan Bali United.

Di laga perdananya bersama Bali United, EP langsung memberikan kejutan dengan menoreh enam poin. Sebelumnya, Bali United berkutat di posisi buncit, kini pasca-kemenangan atas Semen Padang, Bali United berada di posisi sembilan.

Sayangnya EP terkendala regulasi terkait lisensi dimana kepala pelatih sekurang-kurangnya sertifikat AFC “A“ coaching atau yang setara yang mendapatkan pengakuan dari AFC. Sementara EP saat ini hanya mengantongi lisensi B AFC.

Kabarnya, EP sudah mempersiapkan diri untuk mengejar lisensi A AFC pada Juni 2017. Hal itu menjadi bagian penting bagi karier EP di dunia kepelatihan, dan bukan hal mustahil dirinya menjadi kepala pelatih Bali United.

"Saat ini baru punya lisensi B AFC. Tahun ini mau ambil. Bulan juni hingga Juli di Jakarta, secepatnya saya akan ikut," kata EP kepada Tribun Bali, Jumat (5/5). Selema sebulan mengikuti kegiatan peningkatan lisensi, EP akan meninggalkan Bali United. Setelah itu, dia akan kembali dengan ilmu dan sertifikat baru dan siap diposisikan menjadi kepala pelatih.

"Mungkin bisa jadi kepala pelatih. Tapi sekarang fokus dulu di beberapa pertandingan," ujar eks asisten pelatih PSIS Semarang dan Timnas Indonesia U-19 ini. EP mengaku sudah mendapat restu dan dukungan penuh dari manajemen soal rencananya mengambil lisensi A. CEO sekaligus Manajer Bali United, Yabes Tanuri mengatakan, sudah siap mendukung EP mengambil lisensi A AFC. Pihak Bali United sudah berkoordinasi dengan PSSI, saat ini tinggal menunggu konfirmasi terkait kuota pelatih peserta kursus.

"Kami sudah bersurat ke PSSI terkait pengambilan lisensi A AFC Coach EP. Sekarang masih menunggu konfirmasinya. Kursus lisensi A AFC, tentunya ada kuota yang dibatasi federasi PSSI. Banyak pelatih yang mendaftar untuk lisensi ini," ujarnya.

Yabes menegaskan tidak hanya EP, manajemen akan mendukung semua pelatih Bali United yang ingin meningkatkan lisensi kepelatihan. "Kami mendukung semua pelatih Bali United yang akan ambil lisensi pelatih," ujarnya. (*)

------------------------
Profil
- Eko Purdjianto
- Semarang, 1 Februari 1976
- posisi: asisten pelatih

Karier kepelatihan
-Asisten pelatih PSIS 2010
-Asisten pelatih Timnas U-19 2013-2015
-Asisten Bali United 2015-

Angka EP di Dua Laga
- Laga 2
- Gol 3
- Kebobolan 0
- Total tembakan 19
- Tembakan ke gawang 9
- Akurasi operan 80%
- Tekel sukses 42
- Sepak pojok 7
- Pelanggaran 23
- Offside 3
- Kartu kuning 3
- Kartu merah 0

Direct Point
- Mengubah formasi 4-4-2 ke 4-3-3
- Mengganti duet bek tengah Ahn-Abdurahman menjadi Ahn-Agus Nova
- Mengganti Hasim Kipuw dengan Mahdi Fahri Albaar
- Gelandang memasang Flores, Sukadana, dan Fadil Sausu
- Pasang tiga penyerang, Bachdim-Comvalius-Yabes Roni
- Siap ambil kursus lisensi A AFC, Juni mendatang.

Penulis: Marianus Seran
Editor: Rizki Laelani
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved