Ronny Sompie: Konsep Restorative Justice Harus Diterapkan di Indonesia

Pola restorative justice yang diterapkan Belanda terbukti mampu menurunkan tingkat kejahatan

Ronny Sompie: Konsep Restorative Justice Harus Diterapkan di Indonesia
Instagram
Dirjen Imigrasi, Ronny F. Sompie. 

TRIBUN-BALI.COM- Indonesia diharapkan mulai menerapkan konsep restorative justice dalam proses penegakan hukum.

Hal itu ditegaskan Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Ronny F Sompie.

Menurutnya, penerapan konsep restorative justice ini selain terbukti mampu mengurangi beban penjara, juga memberikan kemanfaatan hukum yang lebih baik bagi masyarakat.

Ia mengatakan, pola restorative justice yang diterapkan Belanda terbukti mampu menurunkan tingkat kejahatan dan juga jumlah penghuni penjara dari tahun ke tahun.

Bahkan dalam beberapa tahun terakhir ini, banyak penjara di Belanda yang terpaksa ditutup karena tidak memiliki tahanan.

Mantan Kapolda Bali ini mengatakan, selama ini Indonesia masih cenderung menerapkan konsep retributive justice di mana orientasinya lebih cenderung pada pemberikan sanksi hukum bagi pelaku pelaku tindak kejahatan atau pidana.

"Selama ini banyak di antara kita yang masih berpikir bahwa pemberikan hukuman badan seperti pemenjaraan adalah pilihan terbaik untuk memperkuat ketegasan para penegak hukum, sekaligus memberikan kepastian hukum bagi setiap pelaku tindak pidana," ujar Ronny, Jumat (2/6/2017).

Dikatakan, Indonesia bisa saja mencontoh apa yang sudah diterapkan oleh Belanda dalam menangani kasus tindak pidana narkoba dengan menerapkan konsep restorative justice.

Dengan melakukan pemulihan atau rehabilitasi terhadap pelaku tindak pidana, diharapkan, penjara Indonesia tidak akan penuh lagi seperti saat ini.

Hal ini juga bisa mengurangi beban negara untuk membayar atau menanggung biaya hidup para tahanan/ terpidana di penjara dalam waktu yang cukup lama.

Halaman
12
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved