Tiket Kapal Ketapang-Gilimanuk Kini Bisa Dipesan Online

Terobosan dilakukan PT ASDP untuk mengurai antrian yang biasa terjadi di pelabuhan. Kini tiket penyeberangan bisa dipesan melalui online.

Tiket Kapal Ketapang-Gilimanuk Kini Bisa Dipesan Online
Kompas.com
ILUSTRASI 

TRIBUN-BALI.COM, BANYUWANGI - Terobosan dilakukan PT ASDP untuk mengurai antrian yang biasa terjadi di pelabuhan. Kini tiket penyeberangan bisa dipesan melalui online.

Pengguna jasa penyeberangan bisa memesan tiket online ini, melalui website www.tiket.indonesiaferry.co.id.

Di situs tersebut, pengguna jasa bisa memilih jadwal keberangkatan yang diinginkan. Dengan sistem online ini bisa mengurai kemacetan antrian pembelian tiket, yang selama ini dilakukan secara manual.

Menurut Direktur Pelayanan dan Fasilitas PT ASDP, Christine Hutabarat, dengan sistem online ini memutus rantai antrian karena penumpang tidak harus membeli tiket di loket, mengisi manifest penumpang yang banyak membuang waktu, serta hal kecil lainnya yang sering menjadi penyebab antrian yakni pemberian uang kembalian.

"Dengan online calon penumpang tidak terlalu lama di loket, seperti isi manifes dan pengembalian uang. Kalau pesan tiket online sampai di pelabuhan tinggal boarding hanya butuh waktu dua detik," ujar Christine.

Christine mengatakan, bagi penumpang yang melakukan transaksi secara online, disediakan jalur khusus sehingga tidak membutuhkan banyak waktu.

"Ada jalur khusus untuk penumpang yang memesan online, dengan penumpang go show," kata Christine.

Dengan sistem ini, menurut Christine, diharapkan penumpang bisa lebih nyaman dalam menjalani mudik lebaran.

Selama arus mudik, pihak ASDP juga menyiapkan 8 buffer zone yang tersebar di beberapa wilayah jalur mudik, untuk fasilitas bagi yang ingin beristirahat. Seperti di Istana Gandrung, Jembatan Timbang Watudodol, Pelindo Tanjung Wangi dan Stasiun KA Banyuwangi Baru.

Sedangkan jalur penyeberangan Pelabuhan Gilimanuk, lokasi buffer zone ada di Rumah Makan Soka, Lapangan Desa Melaya, Jembatan Timbang Melaya,dan Lahan Pemda.

Selama arus mudik, PT ASDP menyiapkan 15 loket. Dua di antaranya untuk melayani tiket online. Sedangkan sisanya untuk go show. "Layanan tiket online ini masih baru. Kami terus akan melakukan perbaikan-perbaikan," tambah Christine. (*)

Editor: imam rosidin
Sumber: SuperBall.id
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved