Momentum Ramadhan, Putri Gusdur Gelorakan Sikap Toleransi dan Sikap Menghormati

Bulan Ramadhan tentunya harus bisa menjadi sebuah momentum untuk saling bertoleransi dan hormat-menghormati bagi antar umat beragama

Momentum Ramadhan, Putri Gusdur Gelorakan Sikap Toleransi dan Sikap Menghormati
humas bnpt
Alissa Wahid 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Bulan Ramadhan tentunya harus bisa menjadi sebuah momentum untuk saling bertoleransi dan hormat-menghormati bagi antar umat beragama.

Sebagaimana kita ketahui bahwa kita hidup dalam sebuah masyarakat majemuk yang tidak hanya dari aspek etnis, adat istiadat atau tradisi, tapi juga keyakinan atau agama.

Hal yang terakhir inilah yang senantiasa menuntut adanya sikap toleransi di antara kita agar jalinan kerukunan antarumat beragama selalu terjaga.

 
Demikian diungkapkan Koordinator jaringan Gusdurian Indonesia, Alissa Qotrunnada Munawaroh Atasu yang biasa dikenal dengan Alissa Wahid.

“Sebagai warga negara yang hidup dalam masyarakat yang majemuk, bulan Ramadhan ini harus bisa dijadikan sarana untuk mengasah spirit toleransi dan kerukunan antar sesama umat tersebut,” ungkap Alissa Wahid, Selasa (13/6/2017)  

Dijelaskan putri Presiden RI ke-4, (Alm.) KH. Abdurrachman Wahid atau Gus Dur ini, toleransi itu pada dasarnya sikap untuk saling menghormati.

Dan sikap saling menghormati itu sendiri dasarnya adalah keyakinan bahwa semua manusia itu adalah ciptaan tuhan. Dan karena itu setiap manusia memiliki posisi yang setara yang nantinya akan dinilai oleh Tuhan.

“Jadi yang membedakan atau manusia berbeda hanya dari ketaqwaannya. Dan Tuhan akan menilai manusia hanya dari ketaqwaan. Bukan manusia yang menilai. Tetapi selain itu manusia di muka bumi ini adalah setara,” ujarnya.

Dan dari situlah menurutnya kita sebagai manusia yang beragama kemudian bisa untuk saling hormat-menghormati dan bisa saling bertoleransi antar sesama umat.

Untuk itu dirinya meminta kepada seluruh umat manusia untuk memulainya dari berpikir adil.

Halaman
123
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved