19 Ribu Pemudik Roda Dua Keluar Bali Melalui Gilimanuk

Arus kendaraan roda dua pemudik yang menyeberang ke Jawa melalui Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk dilaporkan mengalami lonjakan pesat.

19 Ribu Pemudik Roda Dua Keluar Bali Melalui Gilimanuk
Tribun Bali / I Gede Jaka Santhosa
Ilustrasi 

TRIBUN-BALI.COM, NEGARA - Memasuki H-2 Lebaran 1438 H, Jumat (23/6/2017), arus kendaraan pemudik yang menyeberang ke Jawa melalui Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk dilaporkan mengalami lonjakan pesat.

Berdasarkan data pihak PT. Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) Cabang Pelabuhan Penyeberangan Ketapang - Gilimanuk, Jembrana, Bali, Sabtu (24/6/2017) atau H-1 Lebaran pagi ini, jumlah penumpang (estimasi per kendaraan) mencapai 80.113 orang penumpang.

 Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 26 persen jika dibandingkan dengan arus Mudik Lebaran pada periode yang sama tahun lalu yang sebanyak 63.367 orang penumpang.

Sedangkan untuk kendaraan roda dua juga tercatat mengalami peningkatan di angka 19.452 unit.

Angka ini mengalami peningkatan pesat atau sebesar 47 persen bila dibandingkan dengan periode tahun lalu yang di angka 13.194 unit.

Begitu pula untuk kendaraan roda empat yang juga tercatat mengalami peningkatan di angka 7.435 unit atau meningkat sebesar 10 persen dari total jumlah 6.768 unit pada periode H-2 Lebaran pada tahun 2016 lalu.

General Manager (GM) PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Pelabuhan Penyeberangan Ketapang - Gilimanuk, Elvi Yoza mengatakan H-2 Lebaran kemarin merupakan puncakya.

Baik jumlah penumpang, kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat tercatat mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya.

"Prediksi kami memang H-2 kemarin itu yang menjadi puncak arus Mudik. Ini karena hari Jumat merupakan dimulainya cuti bersama pegawai," katanya.

"Sementara Pemudik lainnya yang bekerja di bidang wiraswasta sudah Mudik sebagian pada H-4 kemarin yang juga lumayan jumlahnya," tandas Elvi Yoza ketika dikonfirmasi Sabtu ini. (*)

Penulis: I Gede Jaka Santhosa
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved