Lelaki Pekerja Pelabuhan Rentan Tertular Virus HIV/AIDS

Pria heteroseksual merupakan kelompok yang paling beresiko tertular HIV dan pelabuhan merupakan basis konsentrasinya.

Lelaki Pekerja Pelabuhan Rentan Tertular Virus HIV/AIDS
Tribun Manado
Ilustrasi 

TRIBUN-BALI.COM - Belasan pria yang baru selesai bekerja di pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta mengantri rapi untuk mendapatkan materi edukasi berupa komik dan brosur mengenai pencegahan virus HIV dan Infeksi Menular Seksual (IMS).

Materi edukasi yang bertajuk #UbahHidupLo itu dibagikan oleh DKT Indonesia, perusahaan yang memproduksi kondom Sutra, sebagai kampanye sosial tahun 2017.

Salim, sebut saja demikian, seorang Anak Buah Kapal, yang menerima materi tersebut dapat membaca tentang informasi perilaksu seks beresiko dalam bentuk komik yang dialognya menggunakan bahasa sehari-hari yang gampang dimengerti.

Selain mendapatkan materi edukasi, ia dan teman-temannya juga melakukan pemeriksaan HIV/AIDS, mendapatkan hiburan dangdut, dan membawa pulang gimmick berupa handuk kecil.

Kegiatan sosialisasi #UbahHidupLo itu dilakukan di berbagai daerah di Indonesia.

Menurut Daniel Tirta, Brand Manager Kondom Sutra, selama periode Januari - November 2017, akan ada 24 pelabuhan di seluruh Indonesia yang akan menjadi sasaran kampanye.

Daniel menjelaskan, pekerja pelabuhan adalah kelompok yang rentan penularan HIV/AIDS dan juga IMS.

"Kita sadar bahwa ibu rumah tangga rentan tertular HIV/AIDS dari suaminya. Kalau dirunut kelas sosialnya C dan D, salah satu tempat kerjanya adalah pelabuhan. Semua yang di sekitar pelabuhan rentan seks bebas," paparnya.

Data dari Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementrian Kesehatan RI tahun 2016 menunjukkan, ada sekitar 600.000 orang di Indonesia yang tertular HIV, sedangkan yang telah terdeteksi melalui tes HIV sekitar 200.000 orang.

Pria heteroseksual merupakan kelompok yang paling beresiko tertular HIV dan pelabuhan merupakan basis konsentrasinya.

Halaman
1234
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved