Fadli Zon Bantah Prabowo Subianto Dipecat Secara Tidak Terhormat Dari Karir Militernya

Wakil Ketua Umum Partai Fadli Zon membantah Prabowo Subianto dipecat dari karier militernya saat menjabat sebagai Pangkostrad

Fadli Zon Bantah Prabowo Subianto Dipecat Secara Tidak Terhormat Dari Karir Militernya
TRIBUNNEWS.COM /Bian Harnansa
Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto berdiskusi dengan sejumlah awak media Group Kompas Gramedia di Kantor Redaksi Kompas TV, Jakarta. 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA – Wakil Ketua Umum Partai Fadli Zon membantah Prabowo Subianto dipecat dari karier militernya saat menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

"Itu tidak benar. Pertama Pak Prabowo itu tidak pernah dipecat. Memang pada waktu setelah Mei (1998) itu, ada pergantian sebagai Pangkostrad," kata Fadli kepada wartawan di komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (31/7/2017).

Menurutnya, Prabowo dikirim ke Bandung menjadi Komandan Sesko ABRI.

Setelah itu Ketua Umum Partai Gerindra ini baru diberhentikan dengan hormat oleh Presiden ke-3 BJ Habibie.

"Itu baru pada bulan November tahun 1998. Jadi dicatat, itu diberhentikan dengan hormat kok. Dan Pak Prabowo ketika itu sedang berada di Yordania. Suratnya (pemberhentiannya) juga ada," katanya.

Perdebatan soal dipecatnya Prabowo sempat ramai saat Pilpres 2014 lalu.

Waktu itu surat keputusan Dewan Kehormatan perwira (DKP) yang menjelaskan Prabowo Subianto dipecat, bocor ke publik.

Dalam surat tersebut tertulis bahwa Prabowo sengaja melakukan kesalahan dalam melakukan analisis tugas walaupun mengetahui bahwa KSAD sebagai pembina tidak berwenang untuk memberi tugas tersebut.

Prabowo juga melaksanakan pengendalian operasi dalam rangka stabilitas nasional, sesuatu yang bukan menjadi wewenangnya, melainkan wewenang Panglima ABRI.

Tindakan tersebut dilakukan berulang-ulang seperti pelibatan satgas di Timor Timur dan Aceh dan pembebasan sandera di Wamena, Irian Jaya.

Halaman
12
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved