Breaking News:

Wow, Ada Ribuan Lowongan Kerja Dari 40 Perusahaan Di Job Fair Pemprov Bali

Dalam job fair kali ini terdapat ribuan lowongan kerja yang tersedia pada lebih dari 40 (empat puluh) perusahaan dari berbagai sektor

Penulis: A.A. Gde Putu Wahyura | Editor: Ady Sucipto
tribun bali/A.A. Gde Putu Wahyura
Peserta Job Fair di Gor Lila Buana, Denpasar, Jumat (4/7) 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Untuk mempertemukan pencari kerja dan perusahaan kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Energi SumberDaya Mineral Provinsi Bali menggelar pameran kesempatan kerja (job fair) yang bertajuk “Pokoknya Harus Kerja“ yang dimulai dari hari ini hingga besok (5/7) di Gedung Olah Raga (GOR) Lila Bhuana Lantai 2, Jl. Melati Denpasar.

Dalam job fair kali ini terdapat ribuan lowongan kerja yang tersedia pada lebih dari 40 (empat puluh) perusahaan dari berbagai sektor lapangan usaha, dalam dan luar negeri terdiri dari berbagai posisi lowongan, mulai staf hingga level manager dengan kualifikasi tingkat pendidikan mulai dari SMU/Sederajat hingga Sarjana dari berbagai disiplin ilmu.

“Di samping menerima berkas lamaran dari pencari kerja, sebagian perusahaan juga akan melakukan interview maupun test secara langsung di tempat.  Dan acara Job Fair ini terbuka untuk umum termasuk untuk para Penyandang Disabilitas semua jurusan serta tidak dipungut biaya (gratis),” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan ESDM Pemprov Bali, Ni Luh Made Wiratmi, dalam membuka Job Fair di Gor Lila Buana, Denpasar, Jumat (4/7/2017)

Kegiatan Job Fair ini merupakan kesempatan yang sangat berharga bagi para lulusan baru yang sedang mencari kerja maupun yang menginginkan karier lebih baik.

Pencari kerja dapat datang langsung dengan berpenampilan rapi serta membawa berkas lamaran kerja selengkapnya.

Penyediaan informasi terpusat melalui kegiatan job fair ini mempunyai nilai strategis, karena dapat memberikan ruang komunikasi dua arah secara langsung antara pengusaha dan pencari kerja sementara pemerintah bertindak sebagai fasilitator.

Ketenagakerjaan menjadi satu permasalahan dalam penanganan kependudukan di Provinsi Bali, terlebih Bali menjadi tujuan pariwisata sehingga menyediakan peluang kerja yang menjanjikan baik bagi masyarakat Bali maupun luar Bali.

“Berdasarkan hasil survey Badan Pusat Statistik (BPS) periode februari 2017, jumlah angkatan kerja di Provinsi Bali mencapai angka 2.469.104 orang, ini ada peningkatan dibanding bulan Agustus 2016 terdata 2.463.069 orang. Tingkat pengangguran terbuka periode Februari 2017 mencapai 1,28%, penurunan cukup signifikan dari 1,89% pada periode agustus 2016 dan dikategorikan pengangguran terendah di tingkat nasional,” ujarnya.

UU No 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan mengamanatkan bahwa pemerintah provinsi memiliki kewenangan untuk menjalankan fungsi dan tugas sebagai fasilitator, dan oleh karenanya wajib mengupayakan kesempatan kerja kepada masyarakat baik di dalam hubungan kerja maupun di luar hubungan kerja.

Dalam hal ini Pemprov Bali melalui Dinas Tenaga Kerja dan Energi Sumber Daya Mineral menyiapkan informasi pasar kerja melalui pameran kesempatan kerja (job fair), bursa kerja online, sistem antar kerja lokal serta antar kerja negara yang dapat dimanfaatkan secara terbuka oleh masyarakat.

Dalam konteks globalisasi ini telah diberlakukan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) , pemerintah provinsi Bali berkomitmen untuk menyiapkan para tenaga kerja yang berkualitas dengan mendorong pasar usaha kewirausahaan,

“Pemprov Bali memiki program perluasan kerja diantaranya program gerakan wirausaha sarjana, pelatihan keterampilan berbasis kebutuhan dengan pendekatan lokasi gerbangsadu, program penempatan tenaga kerja dalam negeri dan luar negeri,” jelasnya.

Untuk tahun 2016 pelaksanaan Pameran Kesempatan Kerja yang dilaksanakan 2 (dua) tahap diikuti oleh 80 (delapan puluh) perusahaan dengan jumlah lowongan kerja sebanyak 9.565 lowongan. Sedangkan jumlah pengunjung (pencari kerja) yang datang sebanyak 3.033 orang, dan dapat ditempatkan/terserap sebanyak 1.535 orang.(*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved