9 Ribu Pelari Siap Bersaing di Maybank Bali Marathon Internasional 2017

sebanyak 9.000 peserta telah mendaftar, diantaranya dari Kenya, Ethiopia, Amerika Serikat, Eropa, Australia dan berbagai negara Asia lainnya

9 Ribu Pelari Siap Bersaing di Maybank Bali Marathon Internasional 2017
Tribun Bali/ Istimewa
Pelari BII Maybank Bali Marathon melintasi rute di Gianyar, Bali dalam lomba lari marathon yang digelar BII-Maybank tahun 2013 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) hari ini mengumumkan persiapan final menjelang berlangsungnya lomba lari internasional Maybank Bali Marathon (MBM) 2017, pada Minggu, 27 Agustus 2017 mendatang di Bali.  

Peserta

Dalam MBM 2017, sebanyak 9.000 peserta telah mendaftar, diantaranya dari Kenya, Ethiopia, Amerika Serikat, Eropa, Australia dan berbagai negara Asia lainnya termasuk para penggemar olah raga lari di Indonesia yang terus bertumbuh pesat hingga saat ini.   

 
Dari 9.000 peserta tahun ini, sekitar 2.500 peserta merupakan peserta kategori full marathon (FM-42,195 km), di mana lebih dari 200 peserta merupakan peserta luar negeri, sementara peserta half marathon (HM-21,0975 km) sekitar 3.500 peserta diantaranya 400 peserta berasal luar negeri, dan selebihnya adalah peserta 10K dengan lebih dari 360 peserta merupakan peserta luar negeri.  Jumlah peserta meningkat 20% dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 7.500 peserta dimana seluruh slot publik telah terjual dalam waktu 3 (tiga) hari pertama dalam periode registrasi.

Jumlah ini masih bertambah dengan peserta lomba lari anak (children sprint) sebanyak 52 peserta dan penyandang disabilitas sejauh 10K sebanyak 50 peserta.

Mengantisipasi meningkatnya peserta terutama untuk faktor kenyamanan dan keamanan, panitia telah mendisain pengadaan kantong-kantong barisan pelari dan mengatur urutan start berdasarkan kategori lomba dan juga catatan waktu terbaik (personal best-PB) peserta, sehingga peserta dengan PB tercepat akan berada di depan pelari dengan PB yang lebih lambat. Jumlah marshal yang dikerahkan juga meningkat dua kali lipat, disertai  jumlah barikade jalan yang lebih banyak. Kedua hal tersebut dilakukan karena karakteristik rute yang baru, dimana para pelari akan melewati beberapa pusat keramaian kota dan bukan hanya jalan-jalan kecil.

Penyegaran

Pada MBM 2017, Maybank Indonesia melakukan sejumlah penyegaran untuk memberikan tantangan baru (new adventure) dan running experience yang lebih baik, memasuki tahun keenam penyelenggaraan sejak pertama kali dihelat pada 2012.

Rute Baru

Rute baru MBM, yang menyusuri dua kabupaten yaitu Gianyar dan Klungkung, mulai dari rute 10K, HM hingga FM, semuanya telah mendapatkan sertifikasi dan telah disahkan Association of International Marathons and Distance Races (AIMS) dan International Association of Athletics Federations (IAAF).  Pengukuran rute dilakukan oleh International Measurement Administrator Dave Cundy, yang memiliki Grade A IAAF-AIMS course measurer.  Cundy pula yang melakukan pengukuran rute MBM sebelumnya pada 2012, rute yang dipakai hingga penyelenggaraan 2016.

Halaman
1234
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved