Sujiwo Tejo Cs di Acara Student Day Unud

Komang Arta Yasa mengatakan, dengan kegiatan tersebut bisa menjadi wujud penjabaran visi Unud yang unggul, mandiri, dan berbudaya.

Sujiwo Tejo Cs di Acara Student Day Unud
Tribun Bali/Widyartha Suryawan
Suasana kegiatan Student Day Universitas Udayana di Auditorium Widya Sabha, Kampus Unud Jimbaran, Badung, Selasa (15/8/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Widyartha Suryawan

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Setelah mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), sebanyak 5325 mahasiswa baru Universitas Udayana mengikuti kegiatan Student Day di Gedung Auditorium Widya Sabha, Unud, Jimbaran, Badung, Bali.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yaitu Selasa (15/8/2017) sampai Rabu (16/8/2017).

Pemateri yang didatangkan dalam kegiatan ini yaitu: Pangdam IX/Udayana, Mayor Jenderal Komaruddin Simanjuntak; Duta Besar Luar Biasa RI untuk Kerajaan Swedia dan Latvia periode 2012/2015 Dewa Made Juniarta Sastrawan; Direktur Diseminasi Informasi Deputi Bidang Pencegahan, Suprayitno; Ketua Senat Guru Besar Unud Prof Dewa Ngurah Suprapta; budayawan Sujiwo Tejo; dan founder Komunitas Anak Alam, Pande Putu Setiawan.

Menurut Ketua Panitia Student Day, Primantari Vikana, kegiatan tersebut pada intinya perkenalan organisasi kemahasiswaan (ormawa) di Unud.

Peserta Student Day juga mengikuti beberapa kuliah umum (stadium general) dari pembicara yang berkompeten.

"Tema Student Day tahun ini adalah Ksatria Wiweka Dharmaing Negara yang berangkat dari taki-takining sewaka guna widya. Artinya, dalam menuntut limu kita harus mengejar kebajikan dan ilmu pengetahuan. Kemudian, ilmu yang dipelajari selam kuliah diharapkan bisa diimplementasikan untuk hal-hal yang positif," ujar mahasiswi FMIPA Unud ini.

Mengingat kapasitas ruangan Widya Sabha Unud terbatas, sebagian peserta mengikuti kegiatan ini di luar ruangan.

Dijelaskan Vikana, peserta yang di dalam ruangan sebanyak 13 gugus dari total 33 gugus. Masing-masing gugus terdiri dari 160 orang.

"Peserta tidak ditugaskan dengan atribut yang macam-macam. Fokusnya memang stadium general dan pengenalan ormawa," imbuhnya.

Presiden BEM PM Unud I Komang Arta Yasa mengatakan, dengan kegiatan tersebut bisa menjadi wujud penjabaran visi Unud yang unggul, mandiri, dan berbudaya.

Menurutnya, saat ini 'kekitaan' sudah menjadi 'kekamian'.

Oleh sebab itu, perlu penekanan terhadap pentingnya karakter dan kebudayaan.

"Nanti juga ada pagelaran budaya yang dibawakan oleh paguyuban mahasiswa di Udayana. Karena, kita tidak bisa bicara budaya tanpa menunjukkan langsung budaya itu seperti apa," ujar Arta Yasa.

Kegiatan Student Day yang akan ditutup pada Rabu (16/8/2017) nanti ditandai dengan penyerahan mahasiswa baru kepada masing-masing fakultas. (*)

Editor: Kander Turnip
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved