Jokowi: Tinggalkan Warisan Kolonialisme, Kita Bangsa Petarung yang Berani Berjuang!

Pada pidatonya, Jokowi meminta segenap masyarakat Indonesia untuk membuang jauh warisan kolonialisme yang membuat mental bangsa menjadi

Jokowi: Tinggalkan Warisan Kolonialisme, Kita Bangsa Petarung yang Berani Berjuang!
Repro TV
Presiden Jokowi dan Wapres JK 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo berkesempatan untuk berpidato dalam acara Sidang Bersama DPR dan DPD RI di Gedung Nusantara, Kompleks MPR/DPR, Jakarta, Rabu (16/8/2017).

Pada pidatonya, Jokowi meminta segenap masyarakat Indonesia untuk membuang jauh warisan kolonialisme yang membuat mental bangsa menjadi mental pecundang.

“Kita harus meninggalkan warisan kolonialisme, yang menjadikan bangsa kita bermental budak, karakter rendah diri, pecundang dan selalu pesimis dalam melihat hari esok,” ujar Jokowi.

Jokowi juga ingin agar membuang jauh-jauh sikap yang saling menjelekkan, mencela antarsesama masyarakat dan mental yang negatif.

“Karena kita adalah bersaudara, saudara se-Bangsa dan se-Tanah Air,” ucap Jokowi.

Untuk menghadapi tantangan global, Jokowi ingin adanya fondasi kultural yang kuat dan memiliki semangat persatuan.

“Kita adalah bangsa petarung yang berani berjuang dengan kekuatan sendiri meraih kemerdekaan. Kita merebut kemerdekaan berkat perjuangan para pahlawan kita, ulama kita, para santri, pemimpin agama-agama kita, dan pejuang dari seluruh pelosok Nusantara,” kata Jokowi.

Editor: Ady Sucipto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved