28 ATM BNI di Bali Masih Terganggu, Transaksi Bisa Dilayani Lewat Mobil BNI di Lokasi-lokasi Ini  

Dari total 1005 ATM yang tersebar di Bali dan Nusra terdapat 80 ATM yang terdampak

28 ATM BNI di Bali Masih Terganggu, Transaksi Bisa Dilayani Lewat Mobil BNI di Lokasi-lokasi Ini   
Istimewa
Suasana fasilitas mobil BNI Layanan Gerak (BLG) BNI yang dapat melayani transaksi perbankan secara mobile di beberapa lokasi strategis 

 TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Wilayah Bali NTB & NTT, telah melakukan beberapa langkah strategis mengantisipasi dampak gangguan satelit Telkom-1 yang berlangsung sejak Jumat sore (25/8/2017) kemarin.

Seperti diketahui bersama, gangguan Satelit Telkom-1 tersebut telah berdampak pada jaringan komunikasi perbankan (offline) seperti di ATM dan beberapa outlet bank.

Pemimpin BNI Kantor Wilayah Bali NTB & NTT, Putu Bagus Kresna, mengungkapkan saat ini layanan ATM BNI telah berangsur normal.

Dari total 1005 ATM yang tersebar di Bali dan Nusra terdapat 80 ATM yang terdampak (posisi 25/8) dan sampai saat ini hanya tersisa 48 ATM.

Yang masih terdampak (posisi 28/8 pukul 12.00 Wita), dengan rincian Bali (28 ATM) NTB (14 ATM ) & NTT (6 ATM).

“BNI telah melakukan beberapa langkah antisipasif sehingga layanan kepada nasabah tidak banyak terganggu,” jelasnya dalam siaran pers yang diterima Tribun Bali, Senin (28/8/2017).

Beberapa langkah penanganan yang telah dilakukan BNI, diantaranya dengan mengoperasikan fasilitas mobil BNI Layanan Gerak (BLG) yang dapat melayani transaksi perbankan secara mobile di beberapa lokasi strategis.

Seperti di area Pelabuhan Gilimanuk & Benoa Bali, serta Pelabuhan Tenau Kupang NTT.

Selain itu BNI juga telah membentuk tim khusus bekerjasama dengan vendor ATM (dhi. PT. Swadharma Sarana Informatika) untuk memonitor aktivitas ATM secara ketat.

Khususnya ATM yang diperkirakan akan mengalami lonjakan transaksi karena memback-up ATM yang masih terdampak gangguan tersebut.  

“Kami juga terus berkoordinasi dengan pihak Telkom terkait kemungkinan migrasi jaringan komunikasi,” lanjutnya.

Lebih lanjut Putu Bagus Kresna, menjelaskan jumlah ATM BNI yang tidak terdampak dan beroperasi normal jauh lebih banyak sehingga nasabah diharapkan tetap tenang dan tidak perlu panik.

“Nasabah juga bisa memanfaatkan fasilitas e-channel BNI lainnya, untuk kemudahan dan kenyamanan bertransaksi, seperti Internet Banking, Phone Banking, Mobile Banking dan SMS Banking,” imbuhnya.

Nasabah BNI juga dapat melakukan konfirmasi ke BNI Call 1500046, jika membutuhkan konfirmasi dan informasi lebih lanjut serta diimbau tidak mudah percaya terhadap berita/informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

BNI meyakini recovery Satelit Telkom-1, akan dapat segera ditangani dengan baik oleh pihak Telkom sehingga layanan ATM yang terkoneksi bisa aktif normal lagi. (*)

Penulis: AA Seri Kusniarti
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved