Karang Taruna Blahbatuh Gelar Festival Barong Kumpulkan Bantuan Pengungsi Gunung Agung

Meski demikian karang taruna yang beranggotakan 40 orang dari 12 Banjar ini tetap optimistis dapat membantu para pengungsi.

Karang Taruna Blahbatuh Gelar Festival Barong Kumpulkan Bantuan Pengungsi Gunung Agung
Tribun Bali/I Wayan Eri Gunarta
Peserta lomba barong dan mekendang tunggal yang digelar Karang Taruna Manik Astagina, Desa/Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Bali, Minggu (15/10/2017). 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR – Niat pengumpulan dana untuk para pengungsi Gunung Agung, Karangasem yang dilakukan Karang Taruna Manik Astagina, Desa/Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Bali, melalui festival barong dan mekendang tunggal terancam gagal.

Sebab pendapatan dengan pengeluaran untuk festival mengalami ketimpangan signifikan.

Meski demikian karang taruna yang beranggotakan 40 orang dari 12 Banjar ini tetap optimistis dapat membantu para pengungsi.

Ketua Karang Taruna Manik Astagina, Komang Praptika Kamalia Jaya, Minggu (15/10/2017) mengatakan, festival kesenian Bali ini dilakukan sejak Sabtu (14/10/2017) hingga Minggu (15/10/2017).

Pesertanya sebanyak 40 orang, dari seluruh Bali. Tujuannya untuk mengumpulkan dana untuk para pengungsi Gunung Agung.

“Sebelumnya pengumpulan dana dilakukan dengan cara turun ke jalan. Setelah dilarang, kami beralih cara menggelar festival barong dan mekendang tunggal,” ujar pria yang karib disapa Rapika itu.

Kata dia, sumber pendapatan kegiatan ini melalui penjualan karcis masuk sebesar Rp 10 ribu per orang dan pendaftaran Rp 100 ribu per orang peserta.

Lantaran minimnya penonton, upaya pengumpulan dana melalui festival kesenian ini tidak sesuai harapan.

“Total biaya peserta hanya terkumpul Rp 12 juta, dan penjualan karcis di hari pertama hanya Rp 1 juta. Sementara biaya biaya juri hingga hadiah pemenang mencapai Rp 26 juta,” ujarnya.

“Meskipun begitu, kami optimistis dapat membantu para pengungsi. Kalau di sini kami tidak dapat, usai festival ini, kami akan ngelawang keliling Blahbatuh. Apapun akan kami lakukan untuk bisa membantu saudara-sadara kita di pengungsian,” tandas Rapika.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Eri Gunarta
Editor: Kander Turnip
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved