Jelang Sidang Pertama, Setya Novanto Kini Disebut Menderita Batuk

Sidang perdana Ketua DPR RI (nonaktif) Setya Novanto terkait kasus dugaan korupsi KTP elektronik (e-KTP) akan digelar

Jelang Sidang Pertama, Setya Novanto Kini Disebut Menderita Batuk
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Tersangka kasus korupsi KTP elektronik Setya Novanto berjalan menuju mobil tahanan usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (12/12/2017). Setya Novanto kembali diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution, Anang Sugiana Sudihardjo (ASS). 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Sidang perdana Ketua DPR RI (nonaktif) Setya Novanto terkait kasus dugaan korupsi KTP elektronik (e-KTP) akan digelar di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (13/12) hari ini.

Novanto yang tengah ditahan dan menanti putusan sidang praperadilan di dalam Rutan KPK diketahui dalam keadaan sehat dan siap menjalani sidang pembacaan surat dakwaan kasus dugaan korupsi e-KTP di Pengadilan Tipikor.

Penasihat hukum Novanto, Maqdir Ismail, menyatakan kliennya itu hanya mengalami batuk jelang duduk di kursi terdakwa.

"Ya agak batuk saja sih, mungkin itu karena cuaca," kata Maqdir saat ditemui di kantornya, Jalan Latuharhary 6A, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/12).

Maqdir menceritakan, pertemuannya dengan Novanto di Rutan KPK dilakukan pada Senin (11/12) kemarin. Selain untuk mengetahui kondisi kesehatan, ia juga membicarakan rencana dan strategi untuk sidang perkara pokok kasus dugaan korupsi e-KTP yang akan dijalani oleh Novanto mulai 13 Desember 2017 hingga beberapa waktu ke depan.

Ia mengungkapkan, bekas luka memar dan goresan di dahi Novanto akibat kecelakaan mobil pada 16 November 2017 lalu, saat ini telah mulai sedikit demi sedikit menghilang. Bahkan, Novanto telah bisa beraktivitas bersama tahanan KPK lainnya di dalam rutan, seperti joging.

"Ya kayaknya sepanjang yang saya lihat, mereka di sana itu kan joging," ungkap Maqdir.

Dari pengamatan dan pembicaraan lebih satu jam di dalam rutan itu, Maqdir menilai Novanto dalam keadaan sehat dan siap menjalani persidangan.

Maqdir mengaku tak banyak berbicara tentang kasus dan sidang yang akan dijalani Novanto dengan istri dan anak-anak Novanto. Oleh karena itu, ia tidak mengetahui seberapa khawatir pihak keluarga terhadap nasib Novanto.

Yang ia ketahui, istri Novanto, Deisti Astiani Tagor, masih sering membawakan makanan untuk suaminya itu ke Rutan KPK meski pihak rutan menyediakan makanan.

Halaman
12
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved