Kawasan Konservasi TNBB Dalam 8 Bulan Ditimbuni 11,1 Ton Sampah

Taman Nasional Bali Barat (TNBB) sebagai kawasan konservasi terancam oleh timbunan sampah yang pada 8 bulan terakhir

Kawasan Konservasi TNBB Dalam 8 Bulan Ditimbuni 11,1 Ton Sampah
Tribun Bali / I Gede Jaka Santhosa
Tumpukan sampah yang berhasil dikumpulkan petugas TNBB ketika membersihkan kawasan TNBB di Gilimanuk beberapa waktu yang lalu 

TRIBUN-BALI.COM, NEGARA - Taman Nasional Bali Barat (TNBB) sebagai kawasan konservasi terancam oleh timbunan sampah yang pada 8 bulan terakhir ini jumlahnya mencapai 11, 1 Ton.

Informasi yang dihimpun Kamis (21/12/2017), timbunan sampah ini terdapat di sejumlah kawasan TNBB baik itu di hutan mangroove di Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya hingga di dasar laut di sekitar pulau Menjangan, Desa Sumberklampok, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng yang selama ini terkenal dengan spot divingnya.

Kasubbag T.U TNBB, Wiryawan mengakui adanya sejumlah ancaman bagi kelestarian ekosistem di TNBB termasuk permasalahan sampah yang belakangan ini kian meningkat.

Menurutnya, ntuk mengantisipasi sampah ini, pihaknya secara rutin melangsungkan kegiatan clean up yang berlangsung tak hanya di darat, namun juga hingga di laut dan dasar laut di kawasan TNBB.

Selain itu, kata dia, masyarakat di sejumlah Desa dan Kelurahan yang menjadi penyangga kawasan TNBB ini diminta untuk lebih peduli dengan alam sekitarnya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

"Dari Februari sampai Oktober lalu kegiatan clean up kami berhasil mengumpulkan sampah yang beratnya mencapai 11, 1 Ton. Itu dengan 63 kali kegiatan, sampah terbanyak ada di Gilimanuk di sekitar hutan mangroove," tandas Wiryawan ketika dikonfirmasi Kamis pagi ini. (*)

Penulis: I Gede Jaka Santhosa
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved