BNI Agresifkan Kartu Tani, Begini Manfaatnya

Pemimpin BNI Jaringan dan Layanan, Hasan Ashari, menjelaskan BNI telah memberikan perhatian khusus kepada pelaku usaha mikro dan kecil

BNI Agresifkan Kartu Tani, Begini Manfaatnya
Istimewa
Uji Coba Pembelian Pupuk Bersubsidi melalui kartu tani 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menunjukkan komitmennya mendukung berbagai program pertanian guna mewujudkan ketahanan pangan nasional, yang juga merupakan salah satu fokus pemerintah dalam Program Nawacita.

Bertempat di Balai Banjar Manukaya Anyar, Desa Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, BNI memaparkan berbagai programnya di sektor pertanian seperti Kartu Tani, KUR Tani (Kredit Usaha Rakyat sektor pertanian) serta Agen46 di hadapan ratusan peserta yang berasal dari instansi pemerintah terkait, BUMN terkait serta kelompok/asosiasi pertanian lainnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Gianyar dalam hal ini diwakili Plt Sekda Gianyar, Made Gde Wisnu Wijaya, ikut hadir serta memberikan Kartu Tani BNI secara simbolis kepada 5 orang petani perwakilan dari petani Subak Pulagan, Desa Tampaksiring, Kabupaten Gianyar.

Untuk memberikan pemahaman yang lebih praktis, BNI juga menggelar uji coba transaksi pembelian pupuk bersubsidi menggunakan Kartu Tani.

Pemimpin BNI Jaringan dan Layanan, Hasan Ashari, menjelaskan BNI telah memberikan perhatian khusus kepada pelaku usaha mikro dan kecil yang bergerak di bidang pangan yang termasuk dalam sektor pertanian, perkebunan maupun peternakan.

BNI sendiri cukup agresif mendistribusikan Kartu Tani di Bali.

Hingga pertengahan bulan Januari 2018, jumlah Kartu Tani yang sudah tercetak sebanyak 933 kartu.

Untuk memperluas penyaluran Kartu Tani di tahun 2018, sejak awal tahun BNI telah mempersiapkan infrastruktur untuk pendistribusian Kartu Tani di beberapa daerah lainnya termasuk Bali & Nusra.

Sebelumnya pada November dan Desember yang lalu, BNI juga telah menggelar uji coba penggunaan Kartu Tani untuk pembelian pupuk bersubsidi di Subak Toya Hee Kabupaten Klungkung dan Subak Umadesa di Kota Denpasar. B

NI menjadikan Kartu Tani sebagai sarana pemberian layanan perbankan yang lebih lengkap bagi para petani, termasuk salah satunya untuk mendapatkan pembiayaan KUR Tani.

BNI Kartu Tani merupakan kartu debit yang juga digunakan untuk penyaluran bansos & subsidi serta berfungsi sebagai kartu tabungan dan dompet/e-wallet (Combo) untuk belanja.

“Manfaat Kartu Tani lainnya adalah sebagai database petani yang akurat, dimana digunakan sebagai alat penebusan pupuk bersubsidi pada agen pupuk. Dengan Kartu Tani maka distribusi pupuk bersubsidi dapat lebih terkontrol karena akan tercatat secara real time-on line dan dapat dipantau melalui sarana Dashboard yang telah disediakan,” katanya dalan siaran pers yang diterima Tribun Bali, Senin (15/1/2017). (*)

Penulis: AA Seri Kusniarti
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved