Pilgub Bali 2018

Koster Kalah 2 Anggota Dewan, Mantra-Kerta Punya 207 Pasukan Legislatif

Satu di antaranya adalah mengerahkan kekuatan seluruh anggota legislatif dari berbagai tingkatan, mulai DPR RI hingga DPRD kabupaten/ kota.

Koster Kalah 2 Anggota Dewan, Mantra-Kerta Punya 207 Pasukan Legislatif
Tribun Bali/I Made Argawa/Dwi S
Deklarasi Koster-Ace di Lapangan Wagimin, Jambe, Tabanan yang becek, Minggu (21/1/2018). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Duel di Pilgub Bali 2018 antara pasangan Cagub- Cawagub: Wayan Koster- Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Koster- Ace) dengan IB Rai Dharmawijaya Mantra- Ketut Sudikerta (Mantra- Kerta) dipastikan akan berlangsung sengit.

Kedua kubu telah mempersiapkan jurus pemenangan masing-masing.

Baca: Tim Pemenangan KBS-Ace Siapkan Strategi Gerakkan Anggota Legislatif Jajarannya

Satu di antaranya adalah mengerahkan kekuatan seluruh anggota legislatif dari berbagai tingkatan, mulai DPR RI hingga DPRD kabupaten/ kota.

Bahkan kedua kubu mengancam jajaran anggota legislatifnya tidak akan dicalonkan lagi di Pileg 2019 jika gagal memenangkan jagoannya di kandang masing-masing.

Merujuk hasil Pileg 2014, pasangan Mantra- Kerta memiliki jumlah pasukan legislatif lebih banyak dibanding Koster- Ace. Mantra- Kerta yang didukung KRB (Koalisi Rakyat Bali) terdiri Golkar, Demokrat, Gerindra, NasDem, PKS, PBB, dan Perindo memiliki 207 anggota Dewan berbagai tingkatan. Sementara Koster- Ace yang didukung PDIP, PAN, Hanura, PKPI, PKB, dan PPP memiliki pasukan anggota Dewan sebanyak 205 orang. Koster- Ace kalah jumlah 2 anggota Dewan.

Sebenarnya hanya selisih 1 anggota Dewan, jika Wayan Disel Astawa, anggota DPRD Bali dari PDIP Dapil Badung tidak membelot ke Mantra- Kerta.

Meski begitu, posisi Disel Astawa saat ini dalam proses PAW (pergantian antar waktu) karena dinilai PDIP membelot saat Pilkada Badung 2015.

Berdasar data jumlah anggota legislatif tersebut, beberapa wilayah merupakan basis Mantra- Kerta, di antaranya Kota Denpasar, Karangasem, dan Klungkung.

Sedangkan Koster- Ace mendominasi Buleleng, Jembrana, Bangli, Gianyar dan Tabanan.

Halaman
123
Penulis: Ragil Armando
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved