Kanwil Kemenkum dan HAM Gelar Tabur Bunga di TMP

Tabur Bunga diawali dengan upacara penghormatan kepada arwah-arwah para pejuang kemerdekaan

Kanwil Kemenkum dan HAM Gelar Tabur Bunga di TMP
Istimewa
Kepala Kanwil Kemenkum dan HAM Bali Maryoto Sumadi MS selaku Inspektur Upacara saat giat tabur bunga di TMP Pancaka Tirta Tabanan, Rabu (24/01/2018). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkum dan HAM) Bali menggelar kegiatan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pancaka Tirta Tabanan, Rabu (24/01/2018). Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Bhakti Imigrasi Ke-68 Tahun 2018.

Tabur Bunga diawali dengan upacara penghormatan kepada arwah-arwah para pejuang kemerdekaan yang dipimpin oleh Kepala Kanwil Kemenkum dan HAM Bali Maryoto Sumadi MS selaku Inspektur Upacara.

“Kegitan ini merupakan kegiatan yang mulia agar kita semua tidak lupa dengan para pahlawan kita yang berjuang untuk negara dan sekarang kita bertugas untuk mengisi kemerdekaan tersebut," kata Maryoto.

Menurutnya, mengenang sejarah memberikan banyak nilai-nilai perjuangan untuk mempertahankan negara agar tidak mudah dijajah oleh bangsa lain.

Dijelaskan, kemahaman ini harus diteruskan kepada penerus-penerus muda yang ada, khususnya pada jajaran imigrasi. Meskipun tidak dengan cara berperang, namun serangan dari dunia luar bisa dengan berbagai cara mengingat saat ini merupakan era globalisasi.

Bali merupakan daerah wisata yang harus kita jaga bersama dan kita support karena menjadi sorotan dunia. Banyak Warga Negara Asing (WNA) yang keluar masuk pulau Bali dengan berbagai kepentingan. Disinilah tugas Imigrasi sebagai pertahanan pertama untuk menjaga lalulintas keluar dan masuknya Warga Negara Asing.

Tabur bunga yang dilaksanakan pukul 08.30 WITA ini juga dihadiri Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Bali M Natsir, Kepala Dvisi Pemasyarakatan, Surung Pasaribu, Kepala Kantor Klas I Khusus Ngurah Rai Ari Budijanto, Kepala Kantor Imigrasi Klas I Denpasar Ignatius Purwanto, Kepala Rumah Detensi Imigrasi Denpasar Agung Narayana, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Tabanan Putu Murdiana dan perwakilan dari Kepala Kantor Imigrasi Klas II Singaraja.

Kegiatan seperti ini nantinya akan diadakan setiap tahun untuk terus mengingat jasa-jasa para pahlawan yang telah mengorbankan nyawanya demi bangsa dan negara. (*)

Penulis: Kambali
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved