Liputan Khusus

BRI Bali Hanya Perantara, Sisa Uang Denda Tilang Tidak Bisa Langsung Dikembalikan ke Pelanggar

Setiap sisa titipan denda tilang yang tidak diambil oleh pelanggar selama satu tahun penuh, maka pelanggar akan kehilangan hak

BRI Bali Hanya Perantara, Sisa Uang Denda Tilang Tidak Bisa Langsung Dikembalikan ke Pelanggar
Tribun Bali / I Nyoman Mahayasa

TRIBUN-BALI.COM - Hampir semua pelanggar divonis oleh pengadilan membayar denda yang nilainya lebih kecil dari uang yang dititipkannya di BRI, sehingga ada sisa uang titipan denda tilang di BRI

Karena banyak pelanggar lalin tidak mengambil sisa uang titipan denda tilangnya, di BRI Wilayah Bali saja, sisa uang titipan denda yang ngendon diperkirakan mencapai miliaran rupiah selama 2017.

Dedi Sunardi, Pemimpin Wilayah BRI Bali & Nusa Tenggara, mengungkapkan bahwa BRI tak berani melakukan improvisasi prosedur layanan untuk menyikapi sisa titipan denda tilang yang ngendon.

Baca: Jangan Cuek! Sisa Uang Denda Tilang Harus Diambil, Bank Tidak Boleh Tutup-Tutupi

Baca: Sisa Uang Denda Tilang Warga Bali Numpuk di BRI Jumlahnya Capai Miliaran

Misalnya, dengan menyurati pemilik sisa titipan denda tilang agar mengambilnya, dan biaya administrasi surat-menyurat dipotongkan dari uang sisa titipan denda.

Tilang
Tilang (Tribun Bali / I Nyoman Mahayasa)

“Nota Kesepahaman (MoU) yang menjelaskan peran BRI dalam e-tilang itu tidak mengamatkan adanya langkah demikian. Kalau tiba-tiba memotong uang tanpa kuasa si pemiliknya, itu tidak diperkenankan. Tetapi, mungkin saja kasus yang terjadi saat ini bisa jadi masukan untuk perbaikan MoU di kemudian hari,” terang Dedi.

Selain itu, BRI juga tidak memegang data pelanggar lalin yang menitipkan denda tilang.

Data pelanggar ada di kepolisian, karena langsung diinput ke aplikasi e-tilang yang dipegang kepolisian saat pelanggar dikenai tilang.

BRI, kata Dedi, hanya sebagai bank perantara untuk pembayaran denda tilang.

Halaman
12
Penulis: AA Seri Kusniarti
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved