Liputan Khusus

Mengintip Kehidupan Kampung Gepeng di Karangasem, Terungkap Rata-rata Miliki 2 Motor

Di banjar yang dijuluki sebagai kampung pengemis Bali itu, rumah-rumah yang berjejer di sisi kanan dan kiri jalan desa terlihat lengang,

Mengintip Kehidupan Kampung Gepeng di Karangasem, Terungkap Rata-rata Miliki 2 Motor
Tribun Bali/Saiful Rohim
Suasana kampung Munti Gunung, Desa Tianyar Barat, Kecamatan Kubu, Karangasem. Suasana kampung tampak sepi sehari-hari. Sebagian besar warga kampung merantau keluar daerah, diantaranya menjadi pengemis. 

         

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA - Suasana Banjar Munti Gunung, Desa Tianyar Barat,  Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, tampak sepi pada Senin (29/1) pukul 10.30 Wita itu.

Di banjar yang dijuluki sebagai kampung pengemis Bali itu, rumah-rumah yang berjejer di sisi kanan dan kiri jalan desa terlihat lengang, seperti tidak berpenghuni sama sekali.

Sepeda motor dan mobil yang parkir di pinggir jalan terlihat kotor, kemungkinan lama tak digunakan.

Lantai sejumlah rumah bertingkat dengan arsitektur Bali juga tampak berdebu. Warga yang berlalu lalang di jalan desa itu terlihat tak lebih dari 5 orang.

I Komang Sri, warga asli Munti Gunung, mengaku bahwa kampung Munti Gunung sepi lantaran hampir sebagian warganya merantau ke kota Karangasem, ke Denpasar, Gianyar, dan Badung untuk cari uang.

Warga yang bertahan di Munti Gunung pun sudah terbiasa dengan kondisi sepi.

Komang Sri menjelaskan, warga yang merantau kebanyakan dari Munti Gunung bagian atas atau puncak.

Sedangkan warga Munti Gunung bagian bawah, sebagian tetap di rumah. Mereka berdagang dan menjadi buruh di Pasar Tukad Ling, Tianyar Tengah.

"Munti Gunung ini desa adat. Wilayahnya cukup luas. Warga Munti Gunung bagian atas hampir sebagian besar merantau ke luar. Ada yang kerja ngojek, kerja di spa dan hotel, ada juga yang minta-minta (mengemis)," terang Komang Sri.

Halaman
1234
Penulis: Saiful Rohim
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved