Ngopi Santai

Malu Bertanya, Kapan Kaya? Kecerdasan Intelektual Saja Gak Cukup di Zaman Now

Kemampuan penting seseorang yang dibutuhkan ternyata bukanlah untuk menjawab pertanyaan.

Malu Bertanya, Kapan Kaya? Kecerdasan Intelektual Saja Gak Cukup di Zaman Now
Bangka Pos
Ilustrasi 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR  - Kali ini saya sarikan materi "kuliah" virtual yang baru saja disampaikan oleh anak muda luar biasa yang saya anggap sebagai salah-satu guru saya. Dia adalah mas Ahmad Faiz.

Mas Faiz lulusan Jurusan Psikologi Universitas Airlangga, yang kemudian ambil master bidang technopreneurship dari Nanyang Technological University (Singapura); master bidang bisnis dari Warwick Bussiness School (Inggris) dan Indiana University (AS).

Tiga bulan lalu mas Faiz baru lulus semacam kursus singkat di Singularity University, Silicon Valley, California (USA) untuk materi tentang Exponential Abundance .

Kata mas Faiz, di masa mendatang yang tak terlalu lama lagi, kemampuan penting seseorang yang dibutuhkan ternyata bukanlah untuk menjawab pertanyaan.

Kita tahu, selama ini ujian-ujian di sekolah atau di kelas akademik lainnya hampir semua berupa pertanyaan-pertanyaan, dan peserta ujian (murid/mahasiswa) diminta menjawabnya dengan benar.

Padahal kini kita sudah bisa lihat sendiri bahwa komputer (dengan sambungan internet) sudah menyediakan berlimpah jawaban atas pertanyaan-pertanyaan.

Silakan saja ajukan pertanyaan, dan kemudian masukkan pertanyaan itu dalam mesin pencarian Google ( Google search), maka dalam sekejap akan muncul banyak jawaban.

Poin yang ingin disampaikan mas Faiz, semakin lama intelektualitas manusia akan semakin diambilalih atau digantikan oleh komputer melalui kemajuan teknologi yang disebut sebagai kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Bahkan kini Elon Musk, salah-satu jenius di Silicon Valley yang juga co-founder Apple bersama Steve Jobs, sedang menggarap proyek penciptaan Neuralink.

Itu adalah sebuah nanochips supercerdas.

Halaman
123
Penulis: Sunarko
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved