Ngopi Santai

Naturalisasi Bukanlah Kunci

Kran naturalisasi dibuka sekitar tahun 2010, tujuan awal untuk menaturalisasi pemain asing ini untuk mendongkrak prestasi Tim Nasional

Naturalisasi Bukanlah Kunci
SUPERBALL.ID
Ilustrasi PSSI 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kran naturalisasi dibuka sekitar tahun 2010, tujuan awal untuk menaturalisasi pemain asing ini untuk mendongkrak prestasi Tim Nasional (Timnas) Indonesia di kancah Asia maupun dunia.

Cristian Gonzales merupakan gelombang pemain naturalisasi pertama di tahun tersebut. Setelah melanglang buana dipersepakbolaan Indonesia dan empat kali menyabet gelar top skor selama merumput di Liga Indonesia, akhirnya pemain berkebangsaan Uruguay ini mendapatkan restu dari PSSI menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Setelah dinaturalisasi pemain gaek berjuluk El-Loco (si gila) langsung berbaju Timnas dan membela Tim Garuda di perhelatan AFF Cup 2010, namun sayang El-Loco tak mampu membawa tim Garuda menyabet Juara.

Naturalisasi seorang Gonzales dirasa telat karena pada kala itu El-Loco sudah berusia 35 tahun, daya gedor El-Loco tak setajam ketika masih muda.

Walaupun tak mampu membawa tim Garuda juara efek kehadiran El-Loco begitu terasa yang akhirnya membuat induk organisasi sepak bola Indonesia ini membuka kran untuk menaturalisasi pemain asing. 

Setelah Gonzales, dua pemain lainnya mendapatkan  alih kewarganegaraan yakni Irfan Bachdim dan Kim Kurniawan menyusul menjadi WNI, Bachdim merupakan pesepakbola Indonesia keturunan Belanda.

Sedangkan Kim adalah pesepakbola Indonesia keturunan Jerman dan Tioghoa Indonesia.  Dua pemain ini juga merumput di Indonesia.

Diego Michiels menjadi pemain naturalisasi ke empat, pemain yang lahir di Deventer, Belanda ini menjadi pemain naturalisasi untuk bermain di Timnas U-23 dan sempat juga memperkuat Timnas senior.

Pemain yang berposisi sebagai full back dan bisa diplot di tengah dengan fisik yang prima digadang-gadang akan memberikan perubahan di tubuh Timnas, namun tak disangka pemain bertempramen tinggi ini sering bikin ulah baik di dalam maupun luar lapangan. 

Setelah itu banyak bermunculan beberapa pemain asing yang merumput maupun tidak di liga Indonesia yang ingin mengajukan naturalisasi seperti Stefano Lilipaly, Jhonny Rudolf Van Beukering, Gregory Nwokolo, Victor Igbonefo, Tonny Cussel, Raphael Maitimo, Sergio Van Dijk, dan Bio Paulin. 

Halaman
123
Penulis: Rizal Fanany
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved