Liputan Khusus

Gede Guntur dkk Hidupkan Lampu dengan Batang Singkong, Pelajar Bali Berprestasi di Tingkat Dunia

I Gede Guntur Saputra langsung berteriak. Saking gembiranya, siswa kelas XI SMA Negeri 3 Denpasar ini sampai mengeluarkan air mata

Gede Guntur dkk Hidupkan Lampu dengan Batang Singkong, Pelajar Bali Berprestasi di Tingkat Dunia
Tribun Bali/I Wayan Erwin Widyaswara
Lima tim IPITEX 2018 dari SMA Negeri 3 Denpasar berfoto dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah urusan kesiswaan, dan staf humas SMA Negeri 3 Denpasar, Rabu (21/2) lalu. 

  

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - I Gede Guntur Saputra langsung berteriak.

Saking gembiranya, siswa kelas XI SMA Negeri 3 Denpasar ini sampai mengeluarkan air mata saat juri mengumumkan hasil penelitiannya meraih emas pada ajang Intellectual Property Invention, Innovation and Technology Exposition (IPITEX) 2018 di Bangkok, Thailand, 2-6 Februari lalu.

"Saya benar-benar tidak menyangka. Awalnya saya mengira gak dapet, dan pas pengumuman terakhir ternyata penelitian saya dapat gold, emas. Waktu itu langsung saya beritahu semua teman, dan keluarga," kata Guntur saat ditemui Tribun Bali di sekolahnya, Rabu (21/2) lalu.

Tak hanya itu, penelitian Guntur yang berjudul Sintesis Material Superkapasitor Berbasis Limbah Batang Ubi Kayu berhasil meraih special award atau penghargaan khusus dari pemerintah Singapura.

"Ini juga gak nyangka dapat special award kategori jenius dari pemerintah Singapura," kata Guntur.

Guntur menjelaskan, penelitiannya adalah superkapasitor dengan elektroda dari bahan baku karbon aktif yang diambil dari batang ubi kayu.

Guntur dan timnya adalah satu dari lima tim dari SMA Negeri 3 Denpasar yang berlaga di ajang IPITEX 2018.

Selain tim yang diketuai Guntur, tiga tim dari SMA Negeri 3 Denpasar yang juga bersaing di ajang IPITEX 2018 Bangkok memborong pula medali emas.

Sementara satu tim lagi berhasil menyabet medali perak.

Halaman
1234
Penulis: I Wayan Erwin Widyaswara
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved