Pertemuan IMF-Bank Dunia Akan Digelar, 6 Destinasi Wisata di Luar Bali Dipersiapkan

Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF)-Bank Dunia 2018 akan diselenggarakan di Bali

Pertemuan IMF-Bank Dunia Akan Digelar, 6 Destinasi Wisata di Luar Bali Dipersiapkan
(Fabian Januarius Kuwado)
Presiden Joko Widodo menerima delegasi IMF di Istana Merdeka Jakarta, Senin (26/2/2018). 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF)-Bank Dunia 2018 akan diselenggarakan di Bali, 8-14 Oktober 2018.

Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) telah dan terus melakukan persiapan menjelang perhelatan internasional yang diprediksi bakal dihadiri 15.000 orang tersebut.

Kepala Unit Kerja Pertemuan IMF-Bank Dunia 2018 Peter Jacobs menyatakan, pertemuan ini harus dimanfaatkan secara serius oleh Indonesia untuk menggenjot sektor pariwisata.

Sehingga, Indonesia diharapkan tidak hanya menjadi tuan rumah, namun memperoleh manfaat lebih.

"Kita (Indonesia) sudah dapat manfaat sebenarnya, 15.000 orang itu akan melakukan transaksi ekonomi di Bali, ada meeting, makanan dan minuman, pariwisata, dan sebagainya," kata Peter dalam media briefing di Jakarta, Senin (26/2/2018).

Peter pun mengungkapkan, terkait dengan hal ini, pemerintah telah menyiapkan daerah-daerah wisata di luar Bali yang sekiranya dapat menjadi destinasi wisata bagi para delegasi dan peserta pertemuan tersebut.

Setidaknya, ada 6 destinasi di sekitar Bali yang sudah disiapkan.

Destinasi-destinasi tersebut antara lain Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Tana Toraja, Danau Toba, Banyuwangi, dan Candi Borobudur.

Dengan demikian, di sela-sela rangkaian pertemuan, para delegasi dan peserta bisa menikmati waktu mereka di Indonesia dengan berwisata.

"Secara khusus dipersiapkan buat para peserta yang datang ke Bali untuk pertemuan tahunan supaya bisa dimanfaatkan oleh daerah-daerah lain itu," tutur Peter.

Indonesia Pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia akan dihadiri oleh gubernur bank sentral dan menteri keuangan dari 189 negara.

Selain itu, pertemuan ini juga dihadiri oleh para investor, orang-orang penting di bidang ekonomi, pengusaha, para pakar, dan lembaga-lembaga internasional. (*)

Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved