BRI Dorong Sinergi Dengan BPD Dukung Inklusi Keuangan Indonesia

Bank BRI sebagai bank terbesar di Indonesia, mendukung upaya sinergi dalam meningkatkan tingkat inklusi keuangan masyarakat Indonesia ini

BRI Dorong Sinergi Dengan BPD Dukung Inklusi Keuangan Indonesia
Tribun Bali/AA Seri Kusniarti
Suasana sinergi penandatanganan sinergi bersama antara Bank BRI dengan Bank BPD dalam mendukung inklusi keuangan di Hotel Mulya, Badung, Jumat (2/3/2018). 

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Tantangan yang dialami industri perbankan ke depan tidak lah mudah.

Terjaganya tingkat pertumbuhan ekonomi pada level 5 persen, pergeseran preferensi masyarakat pada layanan digital, serta kompetisi non tradisional dengan harga yang menekan bank merupakan beberapa contoh tantangan yang dihadapi perbankan Indonesia dewasa ini.

Untuk menghadapi tantangan tersebut, bank-bank di Indonesia perlu bersinergi bersama, sehingga dapat memberikan manfaat terbaik bagi Indonesia, salah satunya meningkatkan tingkat inklusi keuangan masyarakat Indonesia.

Bank BRI sebagai bank terbesar di Indonesia, mendukung upaya sinergi dalam meningkatkan tingkat inklusi keuangan masyarakat Indonesia ini, dengan melakukan sinergi bersama Bank BPD seluruh Indonesia.

Sinergi bisnis yang dilakukan BRI dan BPD, agar dapat meningkatkan daya saing BPD sehingga mampu menjadi lokomotif pembangunan di tingkat regional.

Kerjasama BRI dengan BPD dari sisi operasional, dapat berupa kerjasama dalam produk perbankan yang siap menunjang kelancaran operasional BPD, diantaranya penyediaan Cash Management System (CMS), jaringan e-Channel sebanyak 329.654 unit, dan Jaringan Kantor yang tersebar sebanyak 10.646 unit kerja.

Dalam pengelolaan aset, BPD dapat berkolaborasi dengan BRI sebagai salah satu Primary Dealer untuk memenuhi kebutuhan transaksi Surat Berharga Negara.

Selain itu, bagi BPD yang telah menjadi bank devisa, BRI dan BPD dapat berkolaborasi dalam pengelolaan transaksi valas dan Bisnis Internasional dengan memanfaatkan jaringan bank koresponden yang dimiliki BRI.

BRI juga siap membantu BPD memanfaatkan pengelolan persiapan Dana Pensiun (Dapen) karyawan, melalui Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) serta membantu BPD untuk memeluncurkan Kartu Kredit dan Uang Elektronik melalui kerja sama co-branding.

Bentuk nyata kerjasama yang dilakukan BRI dengan BPD ini, adalah dilakukannya penandatanganan Perubahan/Addendum Global Master Repurchase Agreement (GMRA) bersama Bank Pembangunan Daerah (BPD) seluruh Indonesia yang diselenggarakan di Nusa Dua, Bali (2/3/2018).

Penandatangan tersebut dihadiri langsung Direktur Utama Bank BRI, Suprajarto, dan jajaran manajemen Bank Pembangunan Daerah Seluruh Indonesia.

“Perubahan ini diharapkan mampu mendorong BPD untuk mengembangkan potensi bisnis dan layanan perbankan menuju arah yang lebih kompetitif dan pada ujungnya dapat menciptakan pendalaman pasar financial di Indonesia (financial market depening),” ungkap Bambang Tribaroto, Corporate Secretary Bank BRI. (*)

(ask)

Penulis: AA Seri Kusniarti
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved