Berita Banyuwangi

Pamor Gunung Ijen Kian Populer karena Diendorse Langsung Sri Mulyani dan Luhut Pandjaitan

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menkeu Sri Mulyani Indrawati (SMI), dan Gubenur BI Agus Martowardjojo, baru saja mendaki Gunung Ijen

Pamor Gunung Ijen Kian Populer karena Diendorse Langsung Sri Mulyani dan Luhut Pandjaitan
Surya
Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menkeu Sri Mulyani Indrawati (SMI), dan Gubenur BI Agus Martowardjojo, saat mendaki Gunung Ijen. 

TRIBUN-BALI.COM, BANYUWANGI - Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menkeu Sri Mulyani Indrawati (SMI), dan Gubenur BI Agus Martowardjojo, baru saja mendaki Gunung Ijen yang mempunyai fenomena blue fire (api biru).

Di puncak gunung, mereka membuat testimoni berbentuk video.

Menurut Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, aksi Luhut dan rombongan bisa membuat pamor Gunung Ijen kian naik, sehingga meningkatkan pengenalan destinasi tersebut ke pasar nasional maupun internasional.

“Kunjungan Pak Luhut dan rombongan sekaligus merupakan promosi, ada endorsement beliau-beliau,” ujar Anas, Sabtu (3/3)

Dari sisi pemasaran, para pejabat itu punya segmen pasar tersendiri.

“Pak Luhut adalah tokoh berpengalaman berjaringan luas, aksi beliau tentu mendorong para eksekutif dan banyak kalangan secara umum untuk datang ke Ijen,” ujarnya.

Adapun Sri Mulyani, kata Anas, mempunyai segmen pasar anak muda dan netizen. Dengan testimoni SMI yang di-share di media sosial, bisa memengaruhi kaum muda untuk berwisata melihat api biru di Ijen.

“Dengan pengaruh luas internasional karena pernah menjadi petinggi Bank Dunia, Ibu Sri Mulyani adalah influencer global, memengaruhi komunitas dunia, agar ke Ijen. Apalagi beliau mengunggah aktivitasnya di Ijen di akun media sosialnya,” ujarnya.

Sementara Agus Martowardojo, punya pengaruh kuat di kalangan bankir.
"Pak Agus adalah bankir senior, pernah jadi dirut bank BUMN terbesar, lalu gubernur BI. Lebih dari 500.000 bankir se-Indonesia pasti kenal. Jadi kunjungan Pak Agus adalah endorsement agar bankir berlibur ke sini,” jelas Anas.

Anas berterima kasih ke pemerintah pusat yang menetapkan Banyuwangi sebagai daerah penyangga Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia yang diikuti 18.000 delegasi dari berbagai negara, Oktober mendatang di Bali. Ijen menjadi destinasi yang akan dikunjungi sebagian delegasi. Sehingga diyakini bisa makin memopulerkan destinasi itu.

Halaman
12
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved