PVMBG Ungkap Tsunami Masa Lampau di Wilayah Ini

Mereka hendak menguak bukti terjadinya bencana tsunami yang terjadi di kawasan Pantai Selatan Gunungkidul di masa lampau

PVMBG Ungkap Tsunami Masa Lampau di Wilayah Ini
Bangka Pos
Ilustrasi 

TRIBUN-BALI.COM, JOGJA - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melakukan penelitian di kawasan Pantai Selatan Gunungkidul.

Mereka hendak menguak bukti terjadinya bencana tsunami yang terjadi di kawasan Pantai Selatan Gunungkidul di masa lampau.

"Kami perkirakan di masa lampau, kemungkinan terjadi bencana tsunami di kawasan pantai selatan Gunungkidul. Nah, kami melakukan penelitian ini untuk mencari buktinya,"ujar Kepala Tim Penyelidikan Endapan Tsunami di Gunungkidul, Imun Maemunah, Minggu (11/3/2018).

Dikatakannya, tim peneliti PVMBG telah terjun sedari Rabu (7/3/2018) dan telah melakukan survey di sejumlah lokasi pantai seperti di Pantai Krakal, Pantai Kukup dan Pantai Ngrawe.

Penyelidikan yang rencananya berlangsung selama 10 hari.

Terhitung sejak 7 Maret 2018 hingga 16 Maret 2018.

Tim yang beranggotakan lebih dari empat orang ini melakukan penggalian dan melakukan pencarian bukti endapan tsunami yang terkubur di dalam tanah.

"Endapan tsunami ini yang tengah kami cari ini dapat memberikan informasi terjadinya bencana tsunami di masa lalu di wilayah pesisir selatan," ujarnya.

Sampel penelitian nanti akan dianalisa lebih lanjut terkait waktu terjadinya tsunami melalui metode dating untuk menentukan umur endapan tsunami.

"Umur endapan dapat kita ketahui nanti melalui dating, sehingga dapat diketahui waktu terjadinya tsunami," ujarnya.

Menurut Maemunah, pantai selatan Gunungkidul memiliki garis pantai yang cukup panjang.

Garis pantai ini merupakan rangkaian Pantai Selatan Jawa yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Daerah tersebut juga berhadapan dengan zona subduksi yang terjadi antar lempeng yang ada di Samudera Hindia. Hal tersebut dapat memicu terjadinya tsunami. (tribunjogja)

Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved