Sponsored Content

Hadir di Tengah-tengah Warga, Rai Mantra Minta Tradisi “Omed-omedan” Dilestarikan

Calon Gubernur Bali yang diusung Koalisi Rakyat Bali (KRB), Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra (Rai Mantra) secara khusus hadir

Hadir di Tengah-tengah Warga, Rai Mantra Minta Tradisi “Omed-omedan” Dilestarikan
Istimewa
Rai Mantra hadiri tradisi omed-omedan di Banjar Kaja, Sesetan, Denpasar, Minggu (18/3/2018). 

 Hadir di Tengah-tengah Massa, Rai Mantra Minta Tradisi “Omed-omedan” Dilestarikan

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Calon Gubernur Bali yang diusung Koalisi Rakyat Bali (KRB), Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra (Rai Mantra) secara khusus hadir di tengah-tengah warga Banjar Kaja, Sesetan, Denpasar yang menggelar tradisi omed-omedan, Minggu (18/3/2018).

Walikota Denpasar yang sedang cuti itu tetap menunjukkan kepeduliannya atas tradisi turun-temurun masyarakat Sesetan itu.

Berbaur dengan masyarakat, Rai Mantra menegaskan, tradisi adalah sesuatu yang telah dilakukan turun-temurun dan menjadi bagian dari kehidupan suatu kelompok masyarakat.

“Dalam tradisi terdapat kearifan yang dapat menjadi pegangan bersama dalam menemukan kedamaian,” ujar cagub nomor urut 2 itu.

Oleh karena itulah, menurut Rai Mantra, kita perlu mempertahankan tradisi. Sejak menjadi Walikota Rai Mantra mendorong pengembangan tradisi omed-omedan agar beriringan dengan situasi terkini.

“Jadi, spiritnya tetap dipertahankan, ekspresinya menyesuaikan dengan situasi kekikinan,” tandas cagub yang bertandem dengan cawagub Ketut Sudikerta dalam paket Mantra-Kerta itu.

Ditambahkan, efek dari pengembangan ini adalah semakin terbukanya kesempatan berusaha sembari tetap mempertahankan nalai-nilai tradisi.

“Karena itu saat ini penyelenggaraan omed-omedan berkembang dengan berbagai aktivitas kreatif anak muda. Aktivitas tersebut membuka peluang bergeliatnya aktivitas ekonomi di mana berbagai produk masyarakat dari kerajinan, clothing, hingga kuliner mendapat kesempatan untuk diperdagangkan dan laku,” tegas Rai Mantra.

Tradisi omed-omedan adalah tradisi unik menyambut tahun baru Caka yang dilakukan oleh warga Banjar Kaja, Sesetan, Denpasar.

Halaman
12
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved