Serba Serbi

Dalam Kepercayaan Hindu Saat Soma Ribek Tak Boleh Menjual Beras, Jika Dilanggar Ini yang Terjadi

Soma (Senin) Pon Wuku Sinta, masyarakat Hindu khususnya di Bali melaksanakan hari raya yang disebut Soma Ribek yang saat ini jatuh pada hari Senin

Penulis: Putu Supartika | Editor: Ady Sucipto
Tribun Bali
(Ilustrasi) Warga Banjar Bugbugan, Kelod Desa Senganan, Kecamatan Penebel mengangkut padi beras merah ke dalam lumbung 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Soma (Senin) Pon Wuku Sinta, masyarakat Hindu khususnya di Bali melaksanakan hari raya yang disebut Soma Ribek yang saat ini jatuh pada hari Senin (19/3/2018).

Setelah hari Sabtu kemarin, Saniscara Kliwon Wuku Watugunung merayakan Hari Raya Saraswati yang juga bertepatan dengan Nyepi dan juga Banyupinaruh yang bertepatan dengan Ngembak Geni pada hari Minggu Kemarin maka hari ini masyarakat merayakan Hari Raya Soma Ribek.

Dalam pelaksanaan Soma Ribek ini ada beberapa pantangan yang mesti dilaksanakan.

Menurut Lontar Sundarigama disebutkan: ikang wang tan wenang anumbuk pari, angadol beras, katemah dening Bhatara Sri.

Berdasarkan terjemahan Lontar Sundarigama yang diterbitkan oleh Parisada Hindu Dharma Kabupaten Tabanan tahun 1976 adapun arti dari penggalan isi lontar tersebut yaitu: pada waktu itu, orang-orang tak diperkenankan menumbuk padi, demikian juga menjual beras, karena kalaupun dilakukan, maka dikutuklah oleh Bhatara Sri.

Pantangan ini adalah wujud penghormatan kepada tanaman utamanya padi yang sama juga artinya sebagai wujud penghormatan kepada Bhatara Sri atau Dewi Padi.

Sementara itu dosen IKIP PGRI Bali, I Made Sujaya dalam websitenya: www.balisaja.com/2013/01/hormat-bali-pada-ibu-perthiwi.html?m=0, mengatakan bahwa Soma Ribek ini merupakan hari pangan ala Bali.

"Adanya pantangan tidak menumbuk padi serta menjual beras saat Soma Ribek lebih sebagai bentuk sederhana dari penghormatan atas karunia pangan dari Sang Maha Ada," tulis Sujaya. (*)

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved