Berita Banyuwangi

Gunung Ijen Keluarkan Gas Beracun, Warga Watu Capil Lihat Senar Terang dari Kawah

Sejumlah warga dilarikan ke rumah sakit karena keracunan gas yang diduga dari Kawah Gunung Ijen

Gunung Ijen Keluarkan Gas Beracun, Warga Watu Capil Lihat Senar Terang dari Kawah
KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO
Petambang memikul belerang seberat lebih dari 70 kilogram. Mereka harus menempuh jarak sejauh 3 kilometer dari kawah Gunung Ijen menuju Pos Paltuding di kawasan Ijen, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Masyarakat sekitar Gunung Ijen kini sudah mengantisipasi gejala bencana dari kawah tersebut. 

TRIBUN-BALI.COM - Sejumlah warga di Afdeling Watu Capil, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso, Rabu malam (21/3/2018), dilarikan ke Puskesmas Sempol karena keracunan gas yang diduga berasal dari Kawah Gunung Ijen yang berada di wilayah Banyupait, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso.

Saat dihubungi Kompas.com, Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Ade Setiawan membenarkan kejadian tersebut.

Ia mengatakan sudah berkoordinasi dengan pihak Resor TWA Ijen/KSDA Gunung Ijen.

"Warga yang keracunan gas adalah warga Kabupaten Bondowoso dan dugaan berasal dari kawah Gunung Ijen. Sebagian ada yang sudah dirawat di puskesmas terdekat dan ada yang dievakuasi ke RSUD Bondowoso. Ini kami masih terus koordinasi," jelas Ade Setiawan.

Untuk jumlah berapa warga yang dirawat, Ade mengakui masih belum mendapatkan data yang pasti.

Melalui BPBD Banyuwangi, pihak BKSDA dan PPGA Ijen mengimbau agar masyarakat dan pengunjung, baik wisatawan, pendaki ataupun penambang belerang dilarang mendekati dasar kawah yang berada di puncak Gunung Ijen, serta tidak boleh melakukan ativitas apapun sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.

"Kami juga sudah mengirim petugas BPBD Banyuwangi untuk naik ke atas untuk langsung melaporkan perkembangan terbaru. Jika memang dibutuhkan, tim kami akan siap berangkat naik ke atas. Kita juga siaga karena Gunung Ijen berada di wilayah Banyuwangi juga," jelas Ade.

Bahkan, menurut Ade, ia mendapat laporan dari warga Watucapil via radio komunikasi melihat sinar terang dari kawah Gunung Ijen.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gunung Ijen Keluarkan Gas Beracun, Sejumlah Warga Dilarikan ke Rumah Sakit"
Penulis: Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati
Editor: Farid Assifa

Editor: Irma Budiarti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved