Dedikasikan Pada Masyarakat Sumba, Navicula dan Komunitas Kopernik Luncurkan Video Klip Unik

Band Navicula, bekerjasama dengan Erik EST dan Komunitas Kompernik, remi meluncuran video klip 'Terus Berjuang'

Dedikasikan Pada Masyarakat Sumba, Navicula dan Komunitas Kopernik Luncurkan Video Klip Unik
Tribun Bali/I Kadek Supriadi
Peluncuran video klip Terus Berjuang kerjasama organisasi sosoial dengan Navicula dan Erik EST yang mengisahkan perjuangan masyarakat Sumba. 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Band Navicula, bekerjasama dengan Erik EST dan Komunitas Kopernik,  resmi meluncuran video klip 'Terus Berjuang'  bertempat di kantor Kompernik jalan Raya Mas, Ubud, Gianyar, Bali, Jumat (23/3/2018).

Peluncuran video klip ini merupakan serangkaian HUT Kompernik yang ke delapan, Kompernik merupakan organisasi sosial yang bergerak di bidang lingkungan di dunia.

Eva Wojkowska menuturkan diluncurkannya video klip buah kerjasama dengan band Navicula yang peduli terhadap persoalan isu lingkungan menjadi langkah strategis untuk memperkenalkan organisasinya lebih luas ke masyarakat. 

 "Saya sangat senang berkolaborasi dengan Erik EST dan Navicula, project ke Australia yang memperkenalkan Navicula di Australia selain kesenian Bali. Kami rasa berkolaborasi dengan seniman karena dapat memperkenalkan organisasi ini lebih dikenal," ucap Eva. 

Kerjasama ini merupakan solusi dari tantangan dan lingkungan saat ini, mulai dari perubahan iklim maupun kemiskinan yang melanda sebagian besar daerah di dunia.

Robi vocalis dari Navicula mengatakan kegembiraannya dapat kolaborasi dengan organisasi sosial yang konsen dengan isu lingkungan yang saat ini menjadi isu utama di dunia.  

 "Kita percaya bahwa kolaborasi dengan organisasi sosial memang sangat penting, karena permasalahan di Indonesia bukan lagi menjadi tanggung jawab pemerintah saja namun menjadi tanggung jawab kita semua, maka dari itu kita mau bekerjasama dengan kopernik, yang sepaham dan sejalan dengan kita." ucapnya. 

Hal senada juga diungkapkan Erik EST, ia mengungkapkan bentuk kolaborasi ini sebagai hal yang positif untuk menyuarakan persatuan dan menolak perpecahan. 

"kolaborasi itu penting sebagai menanggulangi perpecahan, dan kita bekerjasama menggarap sebuah projek video clip tentang perjuangan sodara-sodara kita di Sumba, bersama kompernik dan navicula," jelas Erik EST. 

Lagu berjudul "Terus Berjuang" adalah lagu lama dari tahun 2007 yang dikemas kembali, melalui kerja sama dengan Kompernik dan Erik, video yang didedikasikan kepada para aktivis Masyarakat Sumba.

Lama pengerjaan sekitar dua bulan lebih dan banyak kendala, karena terbatasnya energi listrik dari zaman kemerdekaan hingga sekarang, latar belakang memilih Sumba karena sudah ada program yang baik di Sumba.

Penggarapan video klip ini melibatkan sekitar 83 staf Kompernik yang tersebar di berbagai wilayah, seperti Bali, Flores, Sumba, Jepang dan komunitas dampingan Kompernik yang tergabung dalam program Ibu Inspirasi dari Sumba dan Lembata.

Lagu lama "teruslah berjuwang" ini direkam ulang karena dulu lagu ini terlalu panjang, bila lagu ini dipakai untuk ajang berdonasi ya silahkan, tapi dengan catatan masih dalam jalur yang positif.

"Dan kami minta jika vidio ini diviralkan di medsos, tag selalu pak jokowi, agar presiden kita mengetahui bahwa masih ada daerah yang belum sama sekali terjangkau listrik", ujar Robi Navicula.

Kerjasama antara lembaga sosial dengan dunia musik adalah cara yang penting untuk meningkatakn kesadaran dan partisipasi publik dalam mengatasi tantangan sosial dan lingkungan yang dihadapi saat ini. (*)

Penulis: I Kadek Supriadi
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved