Berita Banyuwangi

Edukasi Kesehatan untuk Masyarakat Desa Wisata Tamansari di Lereng Gunung Ijen

Salah satu keberhasilan Banyuwangi dalam memunculkan berbagai destinasi wisata berbasis desa

Edukasi Kesehatan untuk Masyarakat Desa Wisata Tamansari di Lereng Gunung Ijen
Surya
Rangkaian edukasi kesehatan di Desa Tamansari Banyuwangi. 

TRIBUN-BALI.COM, BANYUWANGI- Salah satu keberhasilan Banyuwangi dalam memunculkan berbagai destinasi wisata berbasis desa, adalah sinergi dengan berbagai elemen, termasuk pihak swasta.

Salah satunya PT Bank Central Asia Tbk (BCA), mengembangkan potensi pariwisata di Indonesia melalui Desa Wisata Binaannya, yakni Desa Tamansari, Kecamatan Licin. ‎

Desa Wisata Tamansari terletak di lereng Gunung Ijen, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi. Potensi wisata asli daerah yang terdapat di Desa Tamansari adalah kehidupan penduduk desa seperti bertani, berkebun kopi, cengkeh, cokelat, menambang belerang, serta mengenal kebudayaan setempat yaitu Tari Gandrung.

Di desa ini BCA melakukan edukasi kesehatan pada masyarakat di kaki Gunung Ijen tersebut. Kepala Pengembangan Bisnis Cabang BCA KCU Banyuwangi, Emi Indrawati, mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian HUT BCA ke-61. 

"Kami menggelar edukasi kesehatan dan donasi kacamata bagi warga Desa Wisata Tamansari," kata Emi, Senin (26/3).

Edukasi kesehatan di desa ini, menurut Emi, penting dilakukan karena desa ini menjadi jalur wisatawan menuju Gunung Ijen.

Diharapkan dengan edukasi kesehatan, selain bisa menjaga kesehatan, juga agar masyarakat bisa memberikan penanganan pertama pada wisatawan apabila terjadi sesuatu.

Dalam acara ini, juga digelar pemeriksaan mata dan donasi kacamata untuk anak hingga lanjut usia ini diikuti oleh hampir 75 warga, Minggu (25/3).

Selain itu, juga digelar edukasi menabung kepada hampir 700 pelajar dari SDN 1, SDN 2, SDN 4, SDN 5, serta MI Sunan Giri, di Desa Tamansari.

Desa Tamansari merupakan desa binaan BCA. Sebelumnya BCA telah melaksanakan beberapa inisiatif untuk mengembangkan pelayanan yang prima di Desa Wisata Tamansari, di antaranya bantuan dana pembangunan sarana dan prasarana untuk kantor sekretariat, toilet, dan joglo untuk menerima tamu wisata, donasi untuk pembangunan pendopo Seruni.

BCA juga memberikan pelatihan bagi segenap pengurus seperti pelatihan brand dan pemasaran online dan pelatihan kepemimpinan.

Emi mengatakan, selain Desa Tamansari Banyuwangi, dalam rangkaian HUT BCA, kegiatan pengobatan gratis di Kampung Batik Gemah Sumilir Pekalongan, Desa Wisata Wukirsari, Desa Wisata Pentingsari, dan Desa Wirawisata Gua Pindul Yogyakarta.

"Kegiatan sosial yang dijalankan di desa-desa tersebut tidak hanya bakti sosial pengobatan gratis saja, namun terdapat berbagai macam rangkaian kegiatan lainnya antara lain edukasi untuk desa binaan BCA, perlombaan yang melibatkan warga sekitar desa binaan dan berbagai kegiatan lainnya," kata Emi. (haorrahman)

Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved