Liputan Khusus

Sejak Pindah ke Terminal Mengwi Pendapatan Awak Bus Kian Merosot, Sutama: Cuma Rp 20 Ribu per Hari

Sekitar 6 bulan sejak pemindahan terminal bus antar kota antar provinsi (AKAP) ke Terminal Mengwi, para sopir bus mengaku kelabakan

Sejak Pindah ke Terminal Mengwi Pendapatan Awak Bus Kian Merosot, Sutama: Cuma Rp 20 Ribu per Hari
Tribun Bali/I Nyoman Mahayasa
Calon penumpang duduk di runag tunggu Terminal Mengwi, Senin (23/10/2017) 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Sekitar 6 bulan sejak pemindahan terminal bus antar kota antar provinsi (AKAP) ke Terminal Mengwi, para sopir bus mengaku kelabakan, karena penghasilannya merosot.

Penumpang tidak seramai seperti saat markas bus AKAP masih di Terminal Ubung, Denpasar.

Ketut Sutama, sopir bus AKAP jurusan Denpasar-Jember (Jawa Timur), mengatakan penghasilannya kini sangat pas-pasan, bahkan tak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Pada hari-hari biasa, Sutama bilang hanya mendapatkan penghasilan bersihnya paling banter Rp 30 ribu per hari sejak busnya mangkal di Terminal Mengwi.

Sedangkan pada hari-hari ramai seperti akhir pekan atau musim liburan, Sutama mengaku hanya mendapatkan Rp 50 ribu bersih per hari.

"Saya berangkat kerja dari rumah pukul 6 pagi dan pulang ke rumah malam hari, dapatnya cuma Rp 20 ribu, kadang-kadang malah Rp 15 ribu sehari. Kalau pas ramai malam Minggu aja bisa dapat sampai Rp 50 ribu," ungkap Ketut Sutama kepada Tribun Bali, Kamis (22/3).

Hal tersebut jauh berbeda saat bus yang disopirinya masih beroperasi di Terminal Ubung. Ia mengaku bisa mendapat penghasilan dua kali lipat dari yang diperoleh di Terminal Mengwi.

"Beda jauh dengan di Terminal Ubung, saya bisa dapat di atas Rp 100 ribu. Sepi saja bisa bawa pulang Rp 50 ribu per hari," jelasnya.

Beberapa sopir, kondektur, penjual tiket bus yang tergabung dalam Paguyuban Bus AKAP Terminal Mengwi merasa keberatan dengan perpindahan markas bus AKAP ke Terminal Mengwi sejak akhir Oktober 2017.

Mengikuti perpindahan itu, status Terminal Ubung pun menjadi terminal tipe C, sehingga memang tidak diperuntukkan angkutan AKAP. Terminal Mengwi merupakan terminal tipe A, yang memang untuk angkutan AKAP.

Halaman
123
Penulis: Fauzan Al Jundi
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved