Aksi Peringatan Hari Tanah Palestina Berakhir Bentrok, 16 Orang Meninggal Ratusan Lainnya Terluka

Puluhan ribu warga Palestina ambil bagian dalam aksi protes yang digelar memperingati Hari Tanah Palestina

Aksi Peringatan Hari Tanah Palestina Berakhir Bentrok, 16 Orang Meninggal Ratusan Lainnya Terluka
kontan
Palestina 

TRIBUN-BALI.COM - Pemerintah Turki menuduh Israel telah menggunakan kekuatan yang tak seimbang terhadap warga Palestina dalam bentrok yang terjadi di perbatasan Jalur Gaza.

"Kami mengecam keras aksi penggunaan kekuatan yang tak seimbang yang dilakukan militer Israel terhadap warga Palestina saat aksi damai di Gaza," kata Kementerian Luar Negeri Turki dalam sebuah pernyataan, Jumat (30/3).

Pemerintah Turki juga menyampaikan keprihatinannya atas jatuhnya korban baik luka maupun meninggal dunia.

Melalui Kementerian Luar Negeri, Turki mendesak kepada Israel untuk secepatnya mengakhiri penggunaan kekuatan terhadap warga sipil Palestina yang hanya akan meningkatkan ketegangan di kawasan itu.

"Kami turut mengajak kepada komunitas internasional untuk memenuhi tanggung jawab dalam meyakinkan Israel agar menghentikan sikap yang bermusuhan," tambah pernyataan itu.

Puluhan ribu warga Palestina ambil bagian dalam aksi protes di sepanjang pagar perbatasan Jalur Gaza dengan Israel, Jumat (30/3/2018).

Aksi yang digelar memperingati Hari Tanah Palestina itu menuntut kepada Israel untuk mengizinkan para pengungsi yang terusir dari kampung halaman mereka selama peperangan agar dapat kembali.

Hari Tanah Palestina merupakan peringatan terjadinya bentrokan yang menyebabkan enam demonstran tak bersenjata Arab meninggal dunia dalam aksi menentang Israel pada 1976.

Aksi yang dilakukan warga Palestina mulai 30 Maret itu direncanakan berlangsung selama enam pekan dan seharusnya berjalan damai.

Namun hanya beberapa saat setelah aksi dimulai, bentrokan dengan pasukan Israel terjadi di sejumlah titik di sepanjang perbatasan.

Halaman
12
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved