Liputan Khusus

Mayoritas TKI Bali Bekerja di Kapal Pesiar, Ini Penyebabnya

Mayoritas Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Bali yang kerja di luar negeri adalah ikut kapal pesiar (cruise).

Mayoritas TKI Bali Bekerja di Kapal Pesiar, Ini Penyebabnya
ist
kapal pesiar 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Mayoritas Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Bali yang kerja di luar negeri adalah ikut kapal pesiar (cruise).

Oleh karena itu, lembaga pendidikan yang bergerak di bidang pariwisata kapal pesiar cukup diminati oleh siswa SMA/SMK yang baru lulus ujian nasional (UN).

Mereka mengambil kuliah jurusan pariwisata kapal pesiar (cruise) dengan harapan lebih cepat mendapatkan kerja.

Itu seperti yang terjadi pada lembaga pendidikan Royal Ocean International yang berada di Jalan Prof Moh Yamin, Denpasar.

Lembaga ini menyediakan perkuliahan di bidang layanan untuk kapal pesiar.

Para peserta didik atau mahasiswanya dilatih skill dan aplikasi, tidak hanya teori. 

Staf Bagian General Affair Royal Ocean International, Amirudin Ali mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan agen-agen kapal pesiar yang bisa langsung memberikan pelatihan, dan menghubungkan mahasiswa yang lulus perkulihan untuk bisa langsung bekerja di kapal pesiar yang diageni. 

Lembaga pendidikan ini menyerahkan para alumni kepada agen untuk bisa dipekerjakan di kapal pesiar melalui prosedur resmi.

Agen biasanya akan mengurus semua prosedur mulai dari pengisian data diri calon TKI melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) hingga ke BP3TKI. 

"Sebagai lembaga pendidikan, kami bekerjasama dengan agen dan agen ini yang memberangkatkan para lulusan kami ke kapal pesiar. Agen yang mengurus langsung ke BP3TKI untuk keberangkatan calon TKI," kata Amirudin kepada Tribun Bali, Sabtu (7/4). 

Halaman
123
Penulis: Fauzan Al Jundi
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved