Demi Keamanan Acara IMF-Bank Dunia, Polda Bali Kerahkan 380 CCTV Senila Rp 6 Miliar

Pemantauan melalui CCTV akan dilakukan mulai dari Bandara Internasional Ngurah Rai hingga di tempat acara konferensi nanti.

Demi Keamanan Acara IMF-Bank Dunia, Polda Bali Kerahkan 380 CCTV Senila Rp 6 Miliar
Tribun Bali / Busrah Ardans
Command Center saat diresmikan di Mapolda Bali, Rabu (11/4/2018). Command Center menelan anggaran Rp 6 miliar. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kepolisian Daerah (Polda) Bali memperketat pengamanan dan pengawasan titik strategis menjelang Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia (IMF dan World Bank) pada Oktober 2018 di Nusa Dua, Badung, dengan mengoptimalkan keberadaan 380 kamera pengintai (CCTV).

Ke-380 CCTV yang disebar di berbagai tempat itu terkoneksi dengan Pusat Kendali (Command Center), yang diresmikan di Mapolda Bali, Rabu (11/4/2018) kemarin.

"Semua akan dimonitor melalui CCTV yang terkoneksi dengan Command Center di Polda sehingga pelaksanaan pertemuan IMF-World Bank bisa berjalan lancar. Kendali pemantauannya ada di sini," kata Kepala Sub Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Polda Bali, AKBP Maman Sudirman, di Gedung Command Center Polda Bali, kemarin.

Semua CCTV yang ada di pusat acara seperti di ITDC Nusa Dua, maupun CCTV yang dimiliki Pemkab Badung maupun konsulat yang ada di Bali akan terkoneksi dengan Command Center di Polda Bali.

Untuk jumlah CCTV yang sudah terkoneksi dengan Command Center Polda Bali sebanyak 380.

Masing-masing CCTV milik ITDC sebanyak 110 titik lokasi, milik Pemkab Badung 168 titik lokasi, CCTV di Kuta 48 unit, pintu masuk ke Bali 23 unit, 20 unit CCTV milik Ditlantas Polda Bali, dan 28 unit yang ada di Markas Komando.

"Total 380 milik polri dan milik instansi terkait yang sudah terkoneksi dengan Command Center Polda Bali. Semua perangkat dan aplikasi yang digunakan Polda Bali untuk pengamanan ini sudah sesuai standar dalam hal pelayanan publik," ujarnya.

Spesifikasi alat itu memiliki fitur yang menunjang kinerja perangkat CCTV yang telah terpasang di sejumlah titik strategis.

Pemantauan melalui CCTV akan dilakukan mulai dari Bandara Internasional Ngurah Rai hingga di tempat acara konferensi nanti.

"Pengasawan melalui CCTV terus dipantau. Mulai dari bandara kita sudah terkoneksi dengan CCTV bandara. Jalur rute delegasi dari bandara ke Nusa Dua, ke tempat dinner lainya terpantau CCTV," ujar Maman.

Halaman
1234
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved