Jumlah Penduduk Sudah 4,2 Juta, Aduh Ini Berat bagi Bali

Jumlah penduduk Bali saat ini telah mencapai lebih dari 4,2 juta jiwa dan menjadi beban yang sangat berat bagi alam dan lingkungan Bali.

Jumlah Penduduk Sudah 4,2 Juta, Aduh Ini Berat bagi Bali
istimewa
Gubernur Bali Made Mangku Pastika melantik Ir Catur Sentana sebagai Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, di Gedung Wiswasabha Kantor Gubernur Bali, di kawasan Renon, Denpasar, Bali, Rabu (18/4/2018). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Gubernur Bali Made Mangku Pastika melantik Ir Catur Sentana menjadi Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali.

Upacara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan berlangsung di Gedung Wiswasabha Kantor Gubernur Bali, di kawasan Renon, Denpasar, Bali, Rabu (18/4/2018).

Gubernur Pastika mengatakan, pergantian Kepala Perwakilan BKKBN ini merupakan momentum strategis bagi jajaran BKKBN Provinsi Bali dalam reorientasi tugas-tugas dan evaluasi terhadap kinerja institusi.

(VIDEO: Waduh, Pinggul NELLA KHARISMA Dirangkul Fans Cowok Saat Joget di Bali)

Pergantian ini juga diharapkan dapat semakin memantapkan pola perencanaan, pengkoordinasian dan pengendalian penduduk serta penyelenggaraan program pembangunan keluarga, khususnya Provinsi Bali.

Gubernur Pastika menyampaikan, sejalan dengan perkembangan pembangunan yang semakin kompleks, Program Keluarga Berencana sejak beberapa tahun terakhir mengalami stagnasi.

Hal ini berpengaruh pada laju pertumbuhan penduduk Bali yang rata rata mencapai 2,15 persen berada di atas angka rata-rata nasional.

Perkembangan ini membuat jumlah penduduk Bali saat ini telah mencapai lebih dari 4,2 juta jiwa dan menjadi beban yang sangat berat bagi alam dan lingkungan Bali.

“Kondisi ini membawa implikasi pada pertambahan permasalahan sosial, pendidikan, kesehatan, pemenuhan pangan serta keamanan. Apabila ini tidak ditangani akan menjadi hambatan serius dalam kehidupan keluarga dan masyarakat,“ imbuhnya.

Pastika juga menekankan beberapa isu strategis dalam pembangunan kependudukan Bali yang salah satunya bonus demografi.

Halaman
12
Editor: Kander Turnip
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved