Pasangan Kekasih WNA-WNI Bersekongkol Lakukan Penipuan via Facebook

Pasangan kekasih berinisial ASE alias Donal Key warga negara Nigeria dan DS warga negara Indonesia bersekongkol untuk melakukan penipuan

Pasangan Kekasih WNA-WNI Bersekongkol Lakukan Penipuan via Facebook
Surya
Ilustrasi 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Pasangan kekasih berinisial ASE alias Donal Key yang merupakan warga negara Nigeria dan DS warga negara Indonesia bersekongkol untuk melakukan penipuan.

Dalam melancarkan aksinya, ASE mengaku sebagai tentara Amerika yang telah mendekati masa pensiun.

Sedangkan kekasihnya, DS mengaku sebagai petugas kargo Bandara Soekarno Hatta.

"Awalnya ASE ini berkenalan dengan seorang wanita bernama Dian Ekawati melalui Facebook. Obrolan melalui Facebook tersebut kemudian berlanjut ke obrolan via Whatsapp," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, Rabu (18/4/2018).

Dalam obrolan tersebut ASE mengutarakan niatnya untuk berinvestasi di Indonesia dengan membeli beberapa properti sebelum masa pensiunnya tiba.

"ASE kemudian meminta alamat korban dengan alasan sebagai penerima paket yang berisi dokumen berharga dan uang sebesar 500.000 USD dengan alasan tersangka tak memiliki kenalan di Indonesia," kata Argo.

Untuk meyakinkan korban, tanggal 9 Desember 2017 ASE mengirim bukti pengiriman paket dari GO Express yang akan diterima korban.

Selanjutnya tanggal 11 Desember 2017 tersangka SD yang mengaku petugas kargo Bandara Soekarno-Hatta mengatakan, paket yang dikirimnya sudah sampai di Indonesia.

Kepada korban, SD juga mengatakan korban harus membayar pajak bandara sebesar Rp 11,6 juta dan meminta korban transfer dana itu ke rekening bank Mega yang telah dia siapkan.

"Kemudian pada tanggal 12 Desember 2017 tersangka SD menghubungi korban lagi dan meminta korban untuk membuat sertifikat anti-korupsi sebesar Rp 27,3 juta. Tidak berhenti di situ, pada 13 Desember 2017 tersangka SD meminta korban mentransfer uang sebesar Rp 40 juta untuk membuat sertifikat anti-teroris," paparnya.

Halaman
12
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved