Berita Banyuwangi

Orkestra asal Jerman akan Meriahkan Festival Musik Patrol Banyuwangi

Pada Ramadan ini, Banyuwangi Festival (B-Fest) menghadirkan dua event menarik, festival musik hadrah (26-27 Mei) dan festival musik patrol (28-29 Mei)

Orkestra asal Jerman akan Meriahkan Festival Musik Patrol Banyuwangi
Surya/Istimewa
Festival Patrol Banyuwangi akan kembali digelar tahun ini. 

TRIBUN-BALI.COM, BANYUWANGI - Pada Ramadan ini, Banyuwangi Festival (B-Fest) menghadirkan dua event menarik, festival musik hadrah (26-27 Mei) dan festival musik patrol (28-29 Mei).

Festival Patrol akan dimeriahkan penampilan Steinhaus Orchestra, grup musik orkestra asal Jerman.

Bupati Abdullah Azwar Anas, mengatakan, khusus di bulan Ramadan ini B-Fest mengangkat atraksi seni yang menggambarkan tradisi masyarakat Banyuwangi selama bulan puasa.

Kesenian patrol dan musik hadrah adalah salah satunya.

"Selain ingin mengenalkan kepada khalayak tentang seni dan budaya Banyuwangi, salah satu tujuan B-Fest adalah menjaga tradisi luhur yang berkembang di masyarakat agar tidak punah. Setiap tahun, hadrah dan patrol ini kami gelar secara masif yang diikuti oleh pelajar dan kalangan umum," kata Anas, Minggu (20/5/2018).

Musik Patrol merupakan musik tradisional yang menggunakan alat musik sederhana yaitu kentongan.

Kentongan yang digunakan bermacam-macam dengan berbagai ukuran dan dibunyikan secara teratur sehingga menghasilkan suara yang indah dan enak didengar.

Musik ini banyak dimainkan masyarakat terlebih saat Ramadan untuk membangunkan orang dari tidur supaya segera sahur.

"Meski saat ini cara membangunkan kita tidur lewat alarm ponsel, namun lewat Festival Patrol ini akan mengingatkan kita tentang pentingnya guyub dan peduli dengan tetangga seperti yang dilakukan orang tua kita dahulu. Patrol ini kan menunjukkan cara pedulinya warga membangunkan tetangganya agar tidak ketinggalan makan Sahur sekaligus menjaga keamanan lingkungan," kata Anas.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi MY Bramuda menjelaskan, festival ini akan digelar selama dua hari yang diikuti 25 grup patrol dari 25 kecamatan se-Banyuwangi.

Halaman
12
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved