Divonis 10 Tahun Karena Terbukti Edarkan Sabu-Sabu, Mangku Suciata Pikir-pikir

Mangku Suciata (35) menyatakan pikir-pikir dan akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan penasihat hukumnya terkait vonis 10 tahun penjara

Divonis 10 Tahun Karena Terbukti Edarkan Sabu-Sabu, Mangku Suciata Pikir-pikir
Net
Ilustrasi sabu-sabu 

TRIBUN BALI, DENPASAR - Mangku Suciata (35) menyatakan pikir-pikir dan akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan penasihat hukumnya terkait vonis yang dijatuhkan oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor, Senin (21/5/2018).

Pasalnya, saat pembacaan putusan oleh majelis hakim, terdakwa asal Singaraja yang tinggal di Penatih tidak didampingi penasihat hukum.

Dalam amar putusan, Mangku Suciata divonis pidana 10 tahun penjara.

Diganjarnya Mangku Suciata dengan pidana tinggi, karena terbukti bersalah melakukan tindak pidana peredaran narkotik jenis sabu-sabu.

"Saya berkoordinasi dulu dengan penasihat hukum. Saya pikir-pikir Yang Mulia Majelis hakim," ujarnya kepada majelis hakim pimpinan I Wayan Kawisada.

Hal senada juga disampaikan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ni Made Suasti Ariani terhadap putusan tersebut.

Sejatinya vonis majelis hakim tersebut lebih ringan dibandingkan tuntutan yang diajukan jaksa penuntut.

Pada sidang sebelumnya, Jaksa Ni Made Suasti Ariani menuntut terdakwa Mangku Suciata dengan pidana penjara selama 15 tahun.

Selain pidana badan, terdakwa juga dituntut membayar denda sebesar Rp 10 miliar, subsidair enam bulan penjara.

Sementara, dalam amar putusan majelis hakim menyatakan, bahwa terdakwa yang berprofesi sebagai supir pariwisata ini telah terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana narkotik, yaitu permufakatan jahat tanpa hak atau melawan hukum, menjadi perantara dalam jual beli narkotik golongan I bukan tanaman beratnya melebihi 5 gram.

Halaman
123
Penulis: Putu Candra
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved