Waspada Makanan Mengandung Zat Kimia Berbahaya, Kenali Ciri-Cirinya!

Mengingat hal itu, Aryapatni menghimbau kepada masyarakat agar lebih waspada dan kritis sebelum membeli produk pangan.

Waspada Makanan Mengandung Zat Kimia Berbahaya, Kenali Ciri-Cirinya!
Tribun Bali/Putu Supartika
Ciri-ciri aneka jajanan mengandung zat kimia Rhodamin B terletak pada warnanya yang mencolok 

Laporan Wartawan Tribun Bali, eurazmy

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Penggunaan zat kimia berbahaya pada bahan pangan sehari-hari terbukti masih kerap dijumpai.

Hal ini terungkap saat sidak pengawasan bahan pangan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Denpasar dalam rangka pengamanan bahan pangan menjelang hari raya Galungan dan bulan Ramadan 2018 di Pasar Kereneng, Senin (21/5/2018).

Sebelumnya, sejak awal Mei 2018 kemarin, BBPOM sudah melakukan sidak di 7 pasar tradisional yang ada di seputaran Denpasar dan Kabupaten Badung.

Dari total sementara hasil sidak dan uji rapid test terhadap sampling sejumlah makanan tersebut, masih didominasi temuan pangan mengandung zat formalin dan rhodamin B.

"Dari 7 pasar yang sudah kita periksa, rata-rata ditemukan makanan mengandung dua zat itu, formalin dan rhodamin B. Ini hampir kita jumpai di tiap tahunnya," ungkap Kepala BBPOM Denpasar, Dra. I Gusti Ayu Adhi Aryapatni kepada awak media usai pengawasan, Senin (21/5).

Mengingat hal itu, Aryapatni menghimbau kepada masyarakat agar lebih waspada dan kritis sebelum membeli produk pangan.

Untuk mengetahui makanan itu berformalin atau bukan, terang Aryaptni bisa diketahui dengan dua cara, yakni dari segi bentuk dan juga dari segi bau.

Dari segi fisik, Aryapatni mencontohkan bahwa tahu berformalin busa diketahui dari bentuk tahu yang awet dan memiliki tekstur keras.

"Kalau tahu yang bebas formalin, pasti teksturnya lembut dan berlendir. Nah, kalau untuk ikan asin berformalin agak sulit. Tapi jika anda peka, aroma ikan terasa sepat di mata, karena uap formalin bisa membuat mata iritasi," paparnya.

Halaman
12
Penulis: eurazmy
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved