Enggartiasto Lukita Dorong Generasi Muda Jadi Wirausahawan yang Mampu Bersaing

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menegaskan, perdagangan bebas dan keterbukaan dapat menjadi cara untuk maju

Enggartiasto Lukita Dorong Generasi Muda Jadi Wirausahawan yang Mampu Bersaing
Tribun Bali/Rino Gale
Enggartiasto Lukita meninjau Pameran Kewirausahaan yang diadakan UKM Barisan Muda Kewirausahaan (Barakuda) Universitas Udayana Jumat (25/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Rino Gale

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menegaskan, perdagangan bebas dan keterbukaan dapat menjadi cara untuk maju dan berkompetisi dengan negara lain, dengan maksud mendorong generasi muda (mahasiswa) terkhususnya calon wisudawan Universitas Udayana untuk menjadi wirausahawan.

Hal ini disampaikan saat memberikan Kuliah Umum pada acara Pra-Wisuda ke-126 dan Studium Generale ke-XX Universitas Udayana, Jumat (25/5/2018) dalam rangkaian kunjungan kerja ke Bali.

Enggartiasto Lukita menjelaskan, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, Indonesia tidak boleh tertinggal dari negara lain, baik dalam hal ekspor maupun pertumbuhan ekonomi.

Indonesia bisa terus maju dengan membuka diri dan mengambil manfaat dari perjanjian perdagangan bebas dengan negara lain. 

"Kita juga membuka peluang untuk berkembang dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi," tegas Lukita.

Lanjutnya, untuk menghadapi masuknya produk luar negeri dalam perdagangan bebas, Indonesia harus mampu meningkatkan kualitas produk dalam negeri dan menjaga harga tetap kompetitif, agar dapat bersaing dengan produk luar negeri.

Dengan demikian, produk dalam negeri dapat memenuhi pasar baik dalam maupun luar negeri dengan melakukan ekspor.

"Kita jangan hanya menjadi pasar bagi negara luar, tetapi juga dapat memasarkan ke luar," jelasnya.

Diakhir kuliah umum, Menteri Perdagangan juga memberikan pesan kepada para calon wisudawan, kunci untuk menjadi maju adalah jangan pernah berpikir instan dan tetap menjaga komitmen.

Halaman
12
Penulis: Rino Gale
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved