Sampian Penjor Diburu Warga Jelang Hari Raya Galungan

Menjelang Hari Raya Galungan, banyak warga tampak membeli sampian penjor yang dijual di sepanjang Jalan Raya Kapal

Sampian Penjor Diburu Warga Jelang Hari Raya Galungan
Tribun Bali/Ahmad Firizqi Irwan
Menjelang Hari Raya Galungan, terlihat warga mencari dan membeli sampian di sepanjang jalan Raya Kapal, Badung, Bali, Minggu (27/5/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Ahmad Firizqi Irwan

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Menjelang Hari Raya Galungan, banyak warga tampak membeli sampian penjor yang dijual di sepanjang Jalan Raya Kapal, Minggu (27/5/2018).

Saat akan melintasi Jalan Raya Kapal, Desa Adat Kapal, Mengwi, Badung, Bali, kita akan melihat banyak ruko yang menjual sampian penjor atau janur yang dikreasikan untuk hiasan penjor.

Menjelang Hari Raya Galungan yang jatuh pada tanggal 30 Mei 2018 banyak warga berbondong-bondong mendatangi dan mencari sampian penjor ini.

Namun, menurut pengakuan salah satu pedagang, pembeli sampian penjor tahun ini cenderung berkurang jika dibandingkan tahun lalu.

Veren Mahadewi (40) selaku penjual sampian penjor saat ditemui Tribun Bali mengatakan, kemungkinan faktor penurunan terjadi karena berbarengan dengan ajaran tahun baru sekolah.

"Mungkin ya karena faktor kenaikan kelas, sekarang kan murid-murid baru mulai sekolah. Mungkin itu yang menyebabkan agak sepi," ujarnya.

Tahun lalu Veren bisa menjual barang dagangannya 80-90 persen, namun saat ini menurun menjadi 40 persen.

Meskipun begitu, Veren tetap bersyukur karena masih ada pembeli yang mencari dan membeli barang dagangannya.

Ia bisa menjual sampian mulai harga Rp 20.000 - Rp 800.000, bergantung jenis, besar kecil, dan kerumitan pembuatannya, dengan pendapatan sehari-hari bisa mencapai Rp 50 juta.(*)

Penulis: Firizqi Irwan
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved