Ngerinya Ancaman Penyakit di Balik Seringnya Menatap Layar Monitor

Kamu mungkin biasa bermain gim di komputer hingga larut, atau mungkin menyaksikan serial televisi di saluran-saluran favorit.

Ngerinya Ancaman Penyakit di Balik Seringnya Menatap Layar Monitor
KOMPAS.com

TRIBUN-BALI.COM - Kamu mungkin biasa bermain gim di komputer hingga larut, atau mungkin menyaksikan serial televisi di saluran-saluran favorit.

Jika ya, kamu pantas berhati-hati, karena kebiasaan menatap layar semacam itu ternyata bisa menggiringmu kepada penyakit berbahaya.

Berdasarkan hasil sebuah penelitian yang dipublikasikan di BMC Medicine, menatap layar monitor dalam waktu lama, berkaitan dengan penyakit kardiovaskular, kanker, yang berujung pada kematian.

Risiko tersebut bahkan meningkat pada mereka yang tak rajin berolahraga.

Lebih spesifik, studi mengungkapkan, mereka yang memiliki kekuatan genggaman tangan, kebugaran, dan aktivitas fisik yang rendah adalah yang paling berisiko.

Namun, ada solusi yang bisa ditempuh. Peneliti, Dr. Carlos Celis dari Glasgow University percaya, dengan langkah sederhana meningkatkan kebugaran dan kekuatan bisa meminimalisasi ancaman kesehatan tersebut.

Celis menyarankan, agar mereka yang memiliki aktivitas kebugaran dan kekuatan rendah untuk mengurangi waktu bermalas-malasan, atau duduk diam sambil menatap layar monitor.

Pendekatan tersebut dianggap paling efektif demi menghindar dari risiko.

Lebih jauh, Celis juga mengaku yakin, mengukur kekuatan genggaman adalah langkah yang menjanjikan untuk menentukan siapa saja yang paling terdampak.

"Tes pengukuran kekuatan genggaman tangan cenderung lebih cepat, sederhana, dan murah," kata dia.

Halaman
12
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved