Breaking News:

Janger Lansia dan Oleg Tamulilingan Penyandang Disabilitas Meriahkan HUT ke-36 Desa Dangin Puri Kauh

Tahun 2018 ini, Desa Dangin Puri Kauh, Denpasar, genap berusia 36 tahun pada Jumat (1/6/2018) kemarin

Penulis: Putu Supartika | Editor: Irma Budiarti
Istimewa
Suasana peringatan HUT ke-36 Desa Dangin Puri Kauh, Sabtu (2/6/2018) malam. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Tahun 2018 ini, Desa Dangin Puri Kauh, Denpasar, genap berusia 36 tahun pada Jumat (1/6/2018) kemarin.

Hari jadi yang bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila ini diperingati dengan Gelar Budaya Desa Dangin Puri Kangin, serangkaian HUT ke-36 tahun dan Hari Lahir Pancasila 2018, di Kawasan Jalan Veteran, Denpasar, Sabtu (2/6/2018) malam.

Kegiatan yang dikemas dengan sajian kreativitas masyarakat mulai dari muda-mudi hingga lansia ini turut dihadiri Menteri Koperasi dan UKM RI, AA Gede Ngurah Puspayoga, yang dalam kesempatan tersebut turut meninjau stand UMKM di Desa Dangin Puri Kauh, Ketua WHDI Provinsi Bali, Ny. Bintang Puspayoga, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Denpasar, IB Alit Wiradana, Anggota DPRD Kota Denpasar, I Putu Oka Mahendra, serta seluruh masyarakat di lingkungan Desa Dangin Puri Kauh

Perbekel Desa Dangin Puri Kauh, IB Ary Wibawa mengatakan, kegiatan ini merupakan suatu upaya untuk memberikan ruang kepada seluruh masyarakat Desa Dangin Puri Kauh untuk menujukkan kreativitasnya.

Adapun tema kegiatan yakni ‘Melalui peringatan Hari Lahir Pancasila dan HUT ke-36 Desa Dangin Puri Kauh kita tumbuh kembangkan seni budaya dan ekonomi mikro masyarakat berdasarkan potensi desa’.

Untuk memperingati HUT ke-36 ini juga dilaksanakan berbagai macam kegiatan seperti lomba menggambar dan mewarnai tingkat PAUD, penampilan tari lepas anak-anak yang merupakan hasil binaan desa, Janger Lansia, Tari Oleg Tamulilingan yang dibawakan oleh penyandang disabilitas, serta Tari Tenun yang dibawakan oleh PKK Desa Dangin Puri Kauh.

Dalam kesempatan tersebut juga ada stand kuliner dan pameran kerajinan yang diikuti 10 UMKM di lingkungan Desa Dangin Puri Kauh.

“Jadi dengan pelaksanaan kegiatan ini kami harapkan potensi masyarakat desa di bidang seni budaya, tradisi, kuliner, dan kerajinan dapat terus berkembang, sehingga mampu menumbuhkembangkan UMKM melalui BUMdes, yang kini telah siap untuk melakukan pembinaan serta pelatihan, sehingga UMKM di Desa Dangin Puri Kauh mampu bersaing,” kata Wibawa.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Denpasar, IB Alit Wiradana berharap kedepanya kegiatan ini terus dilaksanakan, sebagai upaya memberikan ruang yang seluas-luasnya bagi seniman, pengrajin, serta pelaku UMKM untuk menunjukkan kreasi dan potensinya.

“Kami berharap kepada seluruh desa sebagai ujung tombak pembangunan bangsa, agar senantiasa terus melaksanakan kegiatan yang produktif dalam upaya memaksimalkan peran desa, guna mengembangkan potensi desa yang berlandaskan kearifan lokal,” katanya. (*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved