Berita Pemkot Denpasar

Jaya Negara Hadiri Tawur Manca Kelud Pura Pengubengan Besakih

Upacara ini di hadiri Wakil Walikota Denpasar IGN Jaya Negara beserta OPD di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar pada Kamis (28/6/2018).

Jaya Negara Hadiri Tawur Manca Kelud Pura Pengubengan Besakih
Istimewa
Wakil Wali kota Denpasar IGN Jaya Negara saat mundut bhatara pada saat murwa daksina di Pura Pengubengan Besakih pada Kamis (28/6/2018). 

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA - Bertepatan dengan hari Purnama Kasa, para pemedek serta pengempon terlihat serentak mengikuti  Puncak Karya Tawur Manca Kelud, Mendem Pedagingan, Lan Piodalan di Pura Pengubengan Besakih.

Upacara ini di hadiri  Wakil Walikota Denpasar IGN Jaya Negara beserta OPD di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar pada Kamis (28/6/2018).

Pura Pengubengan ini merupakan salah satu pura yang di empon  oleh Pemerintah Kota Denpasar, dimana di Pura Pengubengan ini berdiri pelinggih Pesamuhan Bhatara Kabeh yang merupakan rangkaian sebelum Bhatara Turun Kabeh di Penataran Agung.

Dalam pelaksanaan puncak karya, terlebih dahulu dipentaskan tari Rejang Dewa, Rejang Renteng, Baris Gede dan Topeng.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Walikota Jaya Negara berkesempatan ikut langsung Mepurwa Daksina  bersama-sama para pemangku pura setempat dan para pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Denpasar.

Wakil Walikota Jaya Negara mengatakan dengan selalu memohon petunjuk kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa dari pelaksanaan upacara ini mampu memantapkan Sradha Bhakti kita dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Selain itu dengan bersama-sama memohon kehadapan beliau, diharapkan selalu diberi kedamaian maupun kerahayuan untuk semua umatnya.

Pemangku Pura Pengubengan Jro Mangku Nyoman Artawan mengatakan pelaksanaan upacara yang telah berlangsung sejak pagi pagi hari di puput oleh lima sulinggih yakni Ida Pedanda Gede Jelantik  Dwaja dari Gria Jelantik Buda Keling, Ida Pedanda Gede Manu Singa Raga dari Gria Taman Sari Sangkan Guung Muncan, Ida Peranda Gede Putra Abah dari Gria Tengah Akah, Ida Pedanda Gede Made Gianyar dari Gria Kawan Budakeling dan Ida Peranda Gede Pasuruan dari Gria Kawan Sibetan.

“Adapun upacara yang dilaksanakan hari ini di mulai dengan mepurwa daksina, kemudian ngelinggihan bhatara yang selanjut nya bhatara tedun ke peselang dan tedun ke pegayungan di bale pedanan. Setelah Ida Bhatara melinggih, semua umat melaksanakan pemuspan,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, rangkaian Karya Panca Kelud dan Mendem Pedagingan ini sudah dimulai sejak 10 Juni 2018 lalu dengan upacara ngaturan piuning Sekuub Pura Besakih.

Sedangkan pada Kamis (28/6/2018) dilaksanakan puncak karya lan Mendem Pedagingan.

Dimana nantinya akan berlanjut pada tanggal 30 Juni 2018 tepatnya pada Saniscara Manis Pujut akan dilaksanakan Pengayar dan pada 1 Juli 2018 dilaksanakan Nyineb lan mejauman.

"Selaku salah satu pengempon pura, saya ucapkan terimakasih banyak kepada Pemkot Denpasar yang selalu memberikan perhatiannya setiap pelaksanaan pujawali di Pura Pangubengan ini dan saya berharap jalinan ini akan terus terlaksana agar terciptanya keharmonisan di antara pengempon pura,” kata Jro Mangku Artawan. (*)

Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved