Sekaa Gong Anak-anak Denpasar Bawakan Fragmen Nyanggem Sadhu, Klungkung Panes Dalem

Rangkaian PKB ke-40 menampilkan dua sekaa gong anak-anak Gurnita Raray Swara dan Gentorang

Sekaa Gong Anak-anak Denpasar Bawakan Fragmen Nyanggem Sadhu, Klungkung Panes Dalem
Istimewa
Penampilan fragmentari dalam parade gong kebyar anak di panggung terbuka Ardha Candra 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kamis (5/7/2018) malam, bertempat di panggung terbuka Ardha Candra Art Center, Denpasar, dalam rangkaian PKB ke-40 menampilkan dua sekaa gong anak-anak.

Keduanya yaitu Sekaa Gong Anak-Anak Gurnita Raray Swara, Desa Sumerta Kelod, Kecamatan Denpasar Timur sebagai Duta Kota Denpasar, dan Sekaa Gong Anak-Anak Gentorang, Desa Pesinggahan Kabupaten Klungkung.

Duta Gong Kebyar Anak Denpasar yang tampil berbalutkan kain kombinasi putih dan merah Berada di sisi utara panggung.

Sementara Duta Kabupaten Klungkung berada di sisi selatan panggung dengan balutan kombinasi pakaian warna merah.

Dari empat materi yang dibawakan masing-masing duta sekaa gong anak-anak ini, kepiawaian mereka menguasai materi tetabuhan dan tarian sangat menginspirasi.

Penampilan pamungkas Duta Kota Denpasar lewat Fragmentari Anak yang berjudul “Nyanggem Sadhu” mengangkat cerita Tantri yakni Angsa dan Kura-kura yang mampu menginspirasi para penonton.

Pementasan Duta Kabupaten Klungkung menampilkan legong kuntul, dengan penampilan pamungkas Fragmentari anak-anak berjudul “Panes Dalem’’ yang mengisahkan cerita Tantri I Kedis Sangsiah dan I Bojog.

Menurut koordinator Sekaa Gong Anak Duta Denpasar, I Wayan Murda, Fragmentari “Nyanggem Sadhu” dengan penata tari I Made Sukarda mengisahkan tentang sepasang kura-kura mengkhawatirkan keadaan musim panas berkepanjangan, dan meminta bantuan kepada sahabatnya yakni Angsa untuk dapat meninggalkan taman mencari tempat yang nyaman.

Si Angsa bersiap membantu Kura-kura, namun dengan syarat harus menggigit sebatang kayu dan jangan mendengarkan ejekan binatang lainnya di bawah.

Halaman
12
Penulis: Putu Supartika
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved