Pameran Seni Lukis Lontar Dibuka Sore Ini di Griya Santrian

Prasi biasanya ditemukan pada kitab lontar yang berfungsi sebagai ilustrasi untuk menguatkan narasi

Pameran Seni Lukis Lontar Dibuka Sore Ini di Griya Santrian
Tribun Bali/Ni Putu Diah Paramitha Ganeshwari
Suasana jumpa pers Pameran Seni Lukis Prasi “Operasi” yang berlangsung Kamis (12/7/2018). Pameran ini akan dibuka Jumat (13/7/2018) di Griya Santrian Gallery, Jalan Danau Tamblingan, Sanur, Denpasar. 

TRIBUNBALI.COM, DENPASAR – Seni melukis di atas daun lontar disebut prasi.

Prasi biasanya ditemukan pada kitab lontar yang berfungsi sebagai ilustrasi untuk menguatkan narasi yang ditulis dengan aksara.

Seiring dengan perkembangan zaman, tradisi prasi pun semakin langka, bahkan barangkali ada orang Bali yang awam dengan istilah prasi.

Untuk kembali menggaungkan seni prasi, Griya Santrian bekerjasama dengan Jurusan Pendidikan Seni Rupa Undiksha menggelar pameran seni prasi bertajuk “Operasi”.

Pameran dibuka Jumat (13/7/2018) pukul 18.30 Wita di Griya Santrian Gallery, Jalan Danau Tamblingan, Sanur, Denpasar, Bali.

“Kami melihat seni prasi sudah diambang kepunahan. Seniman yang menekuni sebenarnya masih ada, hanya saja jumlahnya sedikit. Syukurnya Jurusan Pendidikan Seni Rupa Undiksha kini sudah memiliki mata kuliah Prasimologi, yang mempelajari seni lukis tradisi ini. Untuk itulah kami menawarkan kerjasama untuk menggelar pameran,” ucap perwakilan Griya Santrian Gallery, I Made Dolar Astawa.

Kurator pameran, I Made Susanta Dwitanaya mengungkapkan tajuk Operasi dalam pameran ini memiliki lapisan makna.

“Operasi bermakna membedah prasi. Operasi juga bisa merujuk pada gerakan. Gerakan yang dimaksud adalah gerakan untuk mempertahankan eksistensi prasi itu,” jelas Made Susanta.

Peserta pameran terdiri dari 27 peserta yang merupakan alumni dan mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Rupa Undiksha.

Mereka menampilkan 38 karya prasi dengan berbagai ragam tematik, mulai dari cerita rakyat, wiracerita, hingga mengangkat isu-isu kekinian.

Beberapa karya lukisan prasi yang akan dipamerkan dalam Pameran Seni Lukis Prasi “Operasi”. Pameran ini akan berlangsung 13 Juli hingga 15 Agustus 2018 di Griya Santrian Gallery, Jalan Danau Tamblingan, Sanur, Denpasar.
Beberapa karya lukisan prasi yang akan dipamerkan dalam Pameran Seni Lukis Prasi “Operasi”. Pameran ini akan berlangsung 13 Juli hingga 15 Agustus 2018 di Griya Santrian Gallery, Jalan Danau Tamblingan, Sanur, Denpasar. (Tribun Bali/Ni Putu Diah Paramitha Ganeshwari)
Halaman
12
Penulis: Ni Putu Diah paramitha ganeshwari
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved