Liputan Khusus

Darurat Sampah Plastik, Volume Rata-rata Timbulan Sampah di Bali 10.849,10 m3 Per Hari

Sebagai daerah tujuan wisata, Provinsi Bali memiliki tanggung jawab besar dalam penanggulangan sampah.

Darurat Sampah Plastik, Volume Rata-rata Timbulan Sampah di Bali 10.849,10 m3 Per Hari
Tribun Bali/I Putu Supartika
Proses pembersihan sampah di Pantai Matahari Terbit, Senin (9/4/2018). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Sebagai daerah tujuan wisata, Provinsi Bali memiliki tanggung jawab besar dalam penanggulangan sampah.

Bagaimana tidak, kebersihan serta keasrian kawasan wisata, menjadi syarat mutlak dalam dunia pariwisata. Yang jadi masalah, pengelolaan sampah, termasuk sampah plastik, yang "menyerbu" sejumlah pantai di Bali belum ditangani maksimal.

Terkait persoalan sampah ini, peneliti Oseanografi Universitas Udayana, I Gede Hendrawan, pernah melakukan penelitian di Pantai Kuta, Nusa Penida, dan sepanjang garis pantai di wilayah Badung, Jembrana, Gilimanuk, hingga pantai di utara Bali.

Di pantai-pantai tersebut ternyata sudah tercemar sampah plastik baik yang datang dari kiriman, maupun dari sungai-sungai di Bali.

Hendrawan melakukan penelitian di kawasan pesisir Pantai Kuta pada 2014 silam selama satu setengah tahun.

Penelitian dilakukan pukul 05.00 Wita saat kawasan Kuta masih gelap. Truk-truk pengangkut sampah belum berdatangan. Petugas kebersihan pun belum bekerja.

"Waktu itu saya sengaja cari waktu sebelum siang agar tidak bias. Kalau sudah siang sampahnya sudah dibersihkan," tutur Hendrawan.

Hendrawan mengungkap bahwa dari seluruh sampah pantai yang kerap muncul di Pantai Kuta, 70 persen merupakan sampah plastik.

Kendati pemerintah di Bali selalu menyebut sampah di Pantai Kuta merupakan sampah kiriman dari Jawa, namun ia yakin betul Bali juga berkontribusi besar terhadap sampah-sampah pantai tersebut.

"80 persen sampah di Kuta datangnya dari daratan dan mengalir lewat sungai-sungai di Bali. Dari total sampah di Pantai Kuta, 70 persennya sampah plastik," beber dosen Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) Universitas Udayana ini kepada Tribun Bali, pekan lalu.

Halaman
1234
Penulis: I Wayan Erwin Widyaswara
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved