Balai Besar POM Denpasar Amankan 10.751 Kosmetik Ilegal dan Berbahaya, Ini Jenisnya

Kosmetik tersebut merupakan hasil pengamanan operasi penertiban di tiga kabupaten/kota yaitu Denpasar, Badung, dan Gianyar.

Balai Besar POM Denpasar Amankan 10.751 Kosmetik Ilegal dan Berbahaya, Ini Jenisnya
Tribun Bali / Putu Supartika
Kosmetik tanpa ijin edar dan atau berbahaya hasil operasi Balai Besar POM di Denpasar 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR- Dalam waktu enam hari terhitung sejak tanggap 13 Juli hingga 18 Juli, Balai Besar POM di Denpasar berhasil mengamankan 247 item kosmetik tanpa ijin edar dan atau mengandung bahan berbahaya dengan jumlah kemasan 10.751.

Kosmetik tersebut merupakan hasil pengamanan operasi penertiban di tiga kabupaten/kota yaitu Denpasar, Badung, dan Gianyar.

"Kami menyasar sebanyak 28 sarana yang terdiri dari toko, klinik kecantikan, importir, distributor, maupun pengecer," kata Kepala Balai Besar POM di Denpasar, I Gusti Ayu Adhi Aryapatni, Rabu (18/7/2018) di Kantor Balai Besar POM Denpasar.

Dari 28 sarana yang disasar, sebanyak 11 sarana tidak memenuhi ketentuan yaitu 6 di Denpasar, Badung 3, dan Gianyar 2. 

Jenis produk yang diamankan meliputi masker, cleanser, day cream, whitening, lotion, oil, maupun suplemen baik yang berbahaya maupun tanpa ijin edar. 

"Yang terbanyak itu tidak memenuhi ketentuan label. Kalau dicek produk tersebut ada yang sudah terdaftar tapi tidak ada label sehingga tidak ada penandaan," katanya.

Taksiran besaran nilai dari pengamanan tersebut yaitu Rp 2.097.673.800 (dua miliar sembilan puluh tujuh juta enam ratus tujuh puluh tiga ribu delapan ratus rupiah).

Selanutnya kosmetik ilegal tanpa izin maupun yang berbahaya tersebut akan dilakukan pemusnahan oleh pelaku usaha disaksikan dari pihak BPOM.

Menurut keterangan Balai Besar POM, untuk produsennya tidak ada di bali dan kosmetik berbahaya maupun tanpa ijin edar tersebut kebanyakan dikirim dari luar Bali. (*)

Penulis: Putu Supartika
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved